Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Tiba-tiba Mati Total

Kompas.com - 03/01/2024, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Mobil mati total artinya ketika kunci kontak diputar ke posisi On tidak ada tanda-tanda perubahan baik nyala lampu dashboard ataupun lainnya.

Kejadian tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba, baik di jalan ataupun ketika mobil diparkir. Hal ini tentu kerap membuat konsumen was-was karena muncul anggapan mobilnya rusak total.

Faktanya, hal tersebut maklum terjadi pada mobil karena sistem kelistrikan mobil memang bisa seperti itu ketika terjadi masalah. Lantas, bagaimana cara menghidupkan mobil yang mati total?

Dashboard Wuling New Almaz RSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Dashboard Wuling New Almaz RS

Baca juga: Mesin Motor Mati Total Masih Bisa Dikonversi Jadi Listrik, Ini Syaratnya

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ketika mobil mati total, konsumen tidak perlu was-was karena sumber masalahnya justru mudah diprediksi.

“Ketika kunci kontak diputar ke posisi On, tapi tidak ada tanda-tanda kehidupan, coba diklakson juga tidak berbunyi, ini artinya masalah ada di suplai listrik yakni dari aki atau baterai 12 volt,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Meski belum tentu kerusakan bersumber dari baterai, Hardi mengatakan gejala mati total tersebut memang merujuk suplai arus listrik tidak sampai ke sistem kelistrikan mobil.

Kemudi Ford Ranger Wildtrak, Spidometer gabungan digital dan analogKompas.com/Daafa Alhaqqy Kemudi Ford Ranger Wildtrak, Spidometer gabungan digital dan analog

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Mobil Mogok di Jalan Tol

“Hal yang paling umum terjadi yakni sekring atau fusible link putus sehingga arus listrik utama terputus secara total, namun ini bisa juga terjadi akibat mobil lama tidak dipakai hingga akhirnya daya aki habis total,” ucap Hardi.

Solusinya perlu memeriksa sekring utama yang berada di dekat aki, menurut Hardi. Jika kondisinya putus bisa diganti, bila bagus komponen yang patut dicurigai selanjutnya adalah akinya.

Sebelum mengganti perlu dipastikan juga tidak terjadi korsleting, karena penyebab sekring putus biasanya terjadi aliran arus listrik di luar spesifikasi.

Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa MargaDok. Kompas.tv Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa Marga

Baca juga: Nomor Telepon Bantuan Gratis Saat Mogok di Wilayah Jateng dan DIY

“Sedangkan ketika posisi kontak sudah di On dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, tapi klakson ditekan mau menyala, artinya suplai arus listrik sampai ke sistem, hanya saja kunci kontak tidak terbaca On,” ucap Hardi.

Kondisi tersebut menurut Hardi kemungkinan kerusakannya ada di kunci kontak, karena sama saja kunci tidak memerintahkan posisinya untuk On.

“Di belakang anak kunci itu ada sekumpulan kabel, namanya ignition switch berupa saklar, jika komponen ini rusak maka meski anak kunci sudah diputar tidak akan mengubah keadaan, tetap saja seperti posisi Off,” ucap Hardi.

Baca juga: Jangan Dorong Mobil Matik Saat Mogok, Bisa Rusak

Ignition switch rusak bisa karena kotor atau terjadi keausan di dalamnya, sehingga solusinya bisa dibersihkan atau diganti.

Hardi mengatakan kemungkinan kerusakan ketika mobil mengalami mati total adalah tiga hal tersebut, sementara kerusakan lebih parah seperti ECU dan lain sebagainya tidak dengan gejala demikian.

“Bila ECU yang bermasalah, ketika kunci kontak On ada nyala lampu di dashboard, tapi instrumen semuanya mati atau blank,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com