Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mogok Wajib Didorong Menepi, Jangan Bikin Macet

Kompas.com - 17/11/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kemacetan kerap terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Sehingga, kesadaran masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas perlu ditingkatkan agar perjalanan lebih lancar dan terkendali.

Pasalnya, tidak sedikit kemacetan terjadi lantaran pengguna jalan tidak tertib bahkan cuek terhadap kepentingan umum.

Seperti ketika mobil mogok atau mengalami kendala di jalan. Pengguna mobil menganggap kondisi tersebut bukan sebuah kesalahan dan pengguna jalan lain harus memakluminya.

Padahal, kondisi tersebut justru mencermikan sikap dari etika berkendara yang baik karena menggangu kelancaran lalu lintas.

Baca juga: Polisi Siapkan Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa MargaDok. Kompas.tv Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa Marga

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, tindakan pertama yang harus dilakukan jika mobil mogok di jalan ialah segera mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan.

"Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman, serta menyalakan lampu hazard sebagai tanda darurat agar pengendara lain lebih menyadarinya," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jangan sampai mobil mogok menjadi sumber penyebab terjadinya kemacetan yang bisa mengganggu kepentingan umum.

Baca juga: Urai Kemacetan, Kemenhub Kerjasama dengan Penyedia Jasa Transportasi

Suasana Kemacetan di arus lalu lintas di Cileunyi mengarah ke Kota Bandung atau sebaliknya pada Jumat (3/11/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Suasana Kemacetan di arus lalu lintas di Cileunyi mengarah ke Kota Bandung atau sebaliknya pada Jumat (3/11/2023)

Sony mengatakan, jika kondisinya sedang berada di jalan tol, setelah meminggirkan mobil hubungi nomor darurat tol untuk dilakukan penderekan.

“Dengan demikian, mobil mogok tidak berlama-lama di bahu jalan dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan,” ucap Sony.

Nah, itu tadi etika yang benar ketika mengalami mobil mogok di perjalanan. Jangan sampai membiarkan mobil mogok menghalangi akses bagi pengguna jalan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com