Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Komponen Ini Saat Mobil TIba-tiba Mogok

Kompas.com - 17/11/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Penyebab mobil mogok sangat beragam. Namun, bila mogok terjadi secara tiba-tiba setelah mobil jalan cukup lama penyebabnya bisa dikerucutkan ke beberapa hal.

Perlu dipahami bahwa syarat mesin bakar bisa bekerja adalah adanya pengapian yang tepat, suplai bahan bakar sesuai, kompresi cukup dan aliran udara lancar. Jika mesin mengalami mogok maka penyebabnya tidak jauh dari keempat faktor tersebut.

Lantas, bila mobil mogok terjadi secara tiba-tiba saat dioperasikan apa kemungkinan penyebabnya?

Baca juga: Etika yang Kerap Dilupa Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Mesin Toyota Yaris CrossKompas.com Mesin Toyota Yaris Cross

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan penyebab mesin mobil mogok tiba-tiba ada beberapa jenis, gejalanya bisa dijadikan petunjuk apa masalahnya.

“Mogok saat mobil dioperasikan bisa terjadi mati secara langsung, dan ditandai dengan brebet atau putaran mesin tidak stabil, keduanya memiliki kemungkinan penyebab berbeda,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Hardi mengatakan bila mogok terjadi secara langsung, atau mesin mati tanpa adanya brebet terlebih dulu mungkin saja bisa disebabkan oleh rusaknya crankshaft position sensor (CKP).

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini kalau Mobil Mogok di Jalan Tol

(a) Pebakaran normal (b) Pembakaran dini yang menyebakan ketukan pada mesin.chem.libretexts.org (a) Pebakaran normal (b) Pembakaran dini yang menyebakan ketukan pada mesin.

Biasanya, bila sensor CKP bermasalah mesin akan mati langsung dan begitu distarter kembali mau hidup lagi.

“Itu menandakan telah terjadi hilang sinyal sesaat, sehingga pembacaan waktu pengapian tidak terdeteksi dan menyebabkan mesin mogok tiba-tiba, ini akan mudah dideteksi ketika berada di bengkel karena kami memiliki scanner yang bisa membaca data monitornya,” ucap Hardi.

Kerusakan sensor CKP menurut Hardi juga ada beberapa jenis yakni pada internal sensornya, rangkaian kelistrikan dan ECU-nya. Ini bisa dibedakan dari kode malfungsi bila muncul.

Baca juga: Mengenal Penyebab Mobil Mogok di Pelintasan Kereta Api

Mesin IMV 1TR milik Toyota yang akan disematkan pada mobil komersial RanggaToyota Manufacturing Indonesia Mesin IMV 1TR milik Toyota yang akan disematkan pada mobil komersial Rangga

“Tidak mudah memang untuk menganalisis penyebab mesin mogok secara tiba-tiba, jika memang akses ke bengkel mudah kami sarankan datang saja ke bengkel yang kompeten di bidangnya,” ucap Hardi.

Selain itu mogok juga bisa terjadi dengan disertai gejala brebet terlebih dulu, baru mesin mati.

“Jenis mogok seperti ini bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar yang tidak baik, bisa karena ada masalah pada kelistrikan menuju pompa bensin, atau memang kemampuan pompa bensin sudah lemah,” ucap Hardi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Ditarik?

Gejalanya sama persis dengan ketika mobil kehabisan bahan bakar, mesin brebet begitu gas ditambah malah mesin mati menurut Hardi.

Jadi, penyebab mesin mogok secara tiba-tiba saat mobil dioperasikan bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya sensor CKP dan pompa bensin bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com