Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Setir Mobil Tampak Baru, Modal Rp 400.000

Kompas.com - 03/01/2024, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, nilai estetika kendaraan tentu bisa berkurang. Misalnya saja setir, komponen ini bisa cepat kusam atau bahkan rusak, akibat sering terkena tangan manusia.

Pemilik kendaraan bisa mengganti setir lama dengan setir copotan yang kondisinya masih bagus. Namun, jika cara tersebut terlalu mahal, ada solusi lain yang bisa dipertimbangkan, yakni dengan cara retrim pada setir mobil.

Baca juga: Banyak Kecelakaan, Sistem Upah Sopir Bus Harus Diganti

Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Duta Bekleding, bengkel servis interior mobil yang berlokasi di Blok M Square, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Iwan pemilik Duta Bekleding mengatakan, retrim setir mobil biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan yang tampilan setirnya sudah kusam atau rusak akibat sering terkena keringat pengemudi.

Iwan Duta BekledingKompas.com/Nanda Iwan Duta Bekleding

“Biasanya setir yang rusak karena terkena keringan, itu bisa membuat kulit setir cepat kusam dan rusak. Faktor lainnya bisa juga dari waktu pemakaian,” ucap Iwan kepada Kompas.com, di Blok M Square, Selasa (2/1/2023).

Iwan melanjutkan, biasanya untuk retrim setir mobil menggunakan dua merek pelapis kulit sintetis, yakni MBtech dan Lederlux. Hal ini lantaran, kulit sintetis memiliki kualitas yang bagus, lebih tahan air, mudah dibersihkan, dan harga yang terjangkau.

Adapun untuk proses pengerjaannya terbilang cukup rumit dan dibutuhkan ketelitian, sebab kulit di setir dijahit dengan cara manual pakai tangan.

proses retrim setir mobilKompas.com/Nanda proses retrim setir mobil

“Perbaikannya manual menggunakan tangan, jadi konsumen harus sabar menunggu. Paling tidak butuh waktu dua sampai tiga jam,” kata Iwan.

Baca juga: Alasan Truk Selalu Berjalan Lebih Lambat dari Kendaraan Lain

Bicara soal biaya, harga retrim setir mobil cukup terjangkau, yakni hanya Rp 400.000 saja. Harga tersebut sudah termasuk biaya jasa.

“Biayanya Rp 400.000, konsumen sudah terima jadi,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com