Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sediakan Ultra Fast Charging Pertama di Yogyakarta dan Sumatera

Kompas.com - 20/12/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperluas cakupan ekosistem kendaraan elektrifikasinya, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan Ultra Fast Charging (UFC) DC berdaya 120 kW di diler resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta, dan 150 kW di diler Dunia Barusa, Aceh.

Langkah ini sejalan dengan inisiatif It's Time For Everyone menuju netralitas karbon yang tak hanya menghadirkan teknologi dan kendaraan ramah lingkungan saja, tapi juga menyediakan fasilitas pendukung mobilitas untuk kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota.

Secara total, kini telah tersedia lebih dari 74 titik charging station Toyota yang tersebar di berbagai diler dan tempat umum di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga akhir 2024 yang ditargetkan bakal tersedia di seluruh jaringan diler Toyota di Indonesia.

Baca juga: Kuasai LSUV Nasional, Penjualan Rush Naik Drastis November 2023

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya mendukung mobilitas BEV dan PHEV dengan menyediakan fasilitas charging station yang mudah diakses di diler resmi Toyota dan berbagai lokasi strategis lainnya.

Toyota Hadirkan Ultra Fast Charging 120 dan 150 kW Pertama di DIY dan SumateraDOK. TAM Toyota Hadirkan Ultra Fast Charging 120 dan 150 kW Pertama di DIY dan Sumatera

"Kehadiran UFC DC 120 kW di diler Toyota Nasmoco Yogyakarta dan UFC DC 150 kW di diler Dunia Barusa Aceh, diharapkan dapat mempermudah mobilitas pelanggan di daerah perkotaan dan meningkatkan jangkauan mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk perjalanan antar kota, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Aceh yang memiliki banyak lokasi wisata," ucap Anton dalam keterangan resminya, Selasa (19/12/2023).

Adapun fasilitas ini merupakan UFC pertama di diler resmi Toyota dan juga sebagai UFC pertama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta pulau Sumatera.

Toyota berupaya meningkatkan kemampuan pengisian charging station dengan menghadirkan UFC berdaya DC 120 kW di diler resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta, serta segera dioperasikan juga di Nasmoco Majapahit Semarang, Jawa Tengah, dan berdaya DC 150 kW di Dunia Barusa Aceh.

Baca juga: Hitung Estimasi Biaya Liburan Jakarta-Surabaya Naik Avanza

UFC pada kedua diler tersebut dilengkapi tiga jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan pelanggan Toyota dan Lexus secara gratis.

Peralatan isi ulang baterai BEV dan PHEV Toyota ini memiliki charging duration dari 0 hingga 80 persen antara 30 sampai 45 menit.

Sebelumnya, Toyota telah mengoperasikan UFC dengan spesifikasi yang sama di ASHTA Mal SCBD, Jakarta Selatan dan Rest Area 695A Jombang Tol Trans-Jawa. Nantinya, akan dibangun lebih banyak UFC 120 kW di beberapa mal kota besar termasuk Jakarta, bersama AC Charger yang disesuaikan alokasi di mal tersebut.

Untuk meningkatkan jarak tempuh BEV dan PHEV Toyota, akan ada tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW,d dan 22 kW di rest area lainnya.

Toyota Hadirkan Ultra Fast Charging 120 dan 150 kW Pertama di DIY dan SumateraDOK. TAM Toyota Hadirkan Ultra Fast Charging 120 dan 150 kW Pertama di DIY dan Sumatera

"Selain berikan peace of mind kepada pelanggan, kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan popularitas xEV Toyota dan mengajak lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon lewat berbagai cara sesuai kemampuan pelanggan," kata Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com