Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siapkan Bengkel Khusus buat Servis Motor Listrik

Kompas.com - 20/11/2023, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah merilis motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1, yang akan dikirim ke konsumen mulai Maret 2024.

Kedua motor ini kabarnya bisa diservis di beberapa diler Kawasaki yang siap melayani kebutuhan motor listrik.

“Saat ini perawatan bisa di setiap ibu kota provinsi yang lebih sudah siap,” ujar Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI di Jakarta (17/11/2023).

Baca juga: Empat Pebalap Kedapatan Melanggar Aturan Tekanan Ban di MotoGP Qatar

Soket charger pada Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 terdapat di balik jok penumpangKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Soket charger pada Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 terdapat di balik jok penumpang

“Pada dasarnya untuk yang diler Kawasaki sudah dipersiapkan untuk itu semua. Servisnya tidak banyak ya buat EV jadi kurang lebih perawatan saja,” kata dia.

Michael juga mengatakan, pelayanan dan servis motor listrik tentu memiliki perbedaan dibandingkan motor dengan mesin bakar internal.

“Ada perbedaan pastinya namanya listrik, kalau kita dari pabrikan Jepang mengutamakan unsur safety untuk si mekaniknya juga,” ucap Michael.

Baca juga: PO Mahendra Rilis Bus Baru Limited Edition

“Contohnya harus memakai sarung tangan, setelah motor dipakai sedikit didiamkan dulu selama satu menit baru diambil baterainya,” kata dia.

Untuk diketahui, baik Ninja e-1 dan Z e-1 sama-sama mengusung interior permanent magnet sycnhronous motor berpendingin udara.

Dapur pacu itu sanggup hasilkan tenaga 9,0 kW atau setara 12 Tk pada 2.600 sampai 4.000 rpm dan torsi maksimal 40,5 Nm pada 0 sampai 1.600 rpm.

Baca juga: Hasil MotoGP Qatar 2023: Di Giannantonio Juara, Bagnaia Runner-up

Kawasaki Ninja e-1KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Kawasaki Ninja e-1

Baterainya memakai dua buah lithium-ion berkapasitas 50,4V/30Ah atau setara 1,5 kWh, dengan waktu pengecasan 1,6 jam sampai 2 jam pada 20 persen sampai 85 persen, dan 3,7 jam sampai 4 jam untuk full charge.

Kawasaki mengklaim kedua baterai tersebut sanggup menempuh jarak total sekitar 72 Km, dalam satu kali pengisian baterai sampai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com