Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Mahardhika Rilis 2 Unit Bus Baru, Pakai Sasis Tronton

Kompas.com - 20/12/2023, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama tidak terdengar namanya, perusahaan otobus (PO) Mahardhika meluncurkan dua unit bus baru jelang pergantian 2023.

Bus anyar milik PO asal Wonogiri tersebut hadir dengan visual yang lebih gahar dan sporty  dari unit sebelumnya. Eksterior bus dibalut oleh bodi Legacy SR3 XHD Prime buatan Karoseri Laksana.

Kemudian bagian wajah bus menggunakan model double glass berwarna merah, dan disematkan pula aksen selendang pada kaca samping dengan warna senada.

Dari segi desain eksterior, bus ini masih mengadopsi desain bus PO Mahardhika sebelumnya yang menggunakan kelir putih dengan kombinasi livery merah. Hanya saja kini tampilannya jauh lebih modern dari sebelumnya. 

Berdasarkan tulisan yang ada di kaca depan, nantinya unit tersebut akan digunakan sebagai layanan bus AKAP trayek Ponorogo - Lampung atau sebaliknya.

Baca juga: Jalur Puncak Bebas Kendaraan Saat Malam Tahun Baru, Berikut Alternatifnya

Toilet bus baru PO MahardikaInstagram @Laksanabus Toilet bus baru PO Mahardika

Sementara itu, kedua bus itu ditopang oleh sasis bus tronton dari Volvo B11R. Sebagai informasi, sasis Volvo B11R dilengkapi dengan mesin Volvo D11 enam silinder.

Mesin tersebut dipasang di bagian belakang sasis dan menghasilkan tenaga yang gahar dengan 450 TK dan torsi 2.150 Nm. Untuk memenuhi standar emisi Euro 5, mesin Volvo D11 juga menggunakan Selective Catalytic Reduction (SCR).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

Baca juga: Mau Road Trip Saat Libur Nataru, Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Mobil

Masuk ke bagian kabin, interior bus dilengkapi oleh kursi penumpang model legrest dengan konfigurasi 2-2. Kemudian disematkan pula toilet yang menempel dengan sisi samping tangga pintu belakang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com