Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Tidak Dianjurkan Boncengan dengan Posisi Seperti Ini

Kompas.com - 18/12/2023, 19:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara motor dengan posisi boncengan, ada anjuran keselamatan ekstra yang wajib diperhatikan oleh pengendara dan penumpang.

Satu poin terpenting adalah posisi saat berboncengan, harus sesuai supaya tidak membahayakan keselamatan. Sayangnya, masih banyak dijumpai pengendara yang tidak mengindahkan hal ini.

Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana menjelaskan, satu posisi boncengan berbahaya tapi masih dijadikan ‘andalan’ sebagian masyarakat adalah ‘posisi ibu-ibu’, alias penumpang duduk menyamping.

Meninjau dari segi keselamatan berkendara, posisi ini dinilai tidak aman dan sangat beresiko. Mulai dari posisi duduk keliru, minimnya pegangan, dan lain-lain.

Baca juga: Mengawal Tidak Sesuai Aturan, Bisa Diganjar Pidana Kurungan 1 Bulan

Ojol sudah Boleh Bawa Penumpang di KarawangDokumentasi Diskominfo Karawang Ojol sudah Boleh Bawa Penumpang di Karawang

“Posisi nyamping seperti ini sering juga kita lihat di jalan, biasanya ibu-ibu dibonceng. Bahaya ini,” ucapnya kepada Kompas.com, pekan lalu.

Agus menjelaskan, posisi berkendara yang dianjurkan adalah tubuh penumpang menempel ke punggung pengendara, dan posisi tangan penumpang berpegangan ke bagian pinggang pengendara.

Menurut dia, posisi berkendara ini paling ideal saat membonceng penumpang. Beban jadi lebih merata, dan motor jadi tidak limbung, sehingga risiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Sebaliknya, jika berboncengan dengan ‘posisi ibu-ibu’ dan arahnya menyamping, motor cenderung limbung di salah satu sisi. Persebaran bobot yang tidak merata tentu mempersulit pengendara untuk bermanuver.

Baca juga: Tips Menggunakan Google Maps Saat Pergi Berlibur Pakai Kendaraan

postur boncengan yang sempurnaAstra Motor Jateng postur boncengan yang sempurna

“Ada juga resiko rok tersangkut, yang pastinya sangat membahayakan keselamatan,” kata Agus.

Menimbang banyaknya resiko keselamatan berkendara yang sangat mungkin terjadi, Agus menganjurkan semua pengendara motor untuk membonceng dengan posisi baik dan benar, sesuai dengan ketentuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com