Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cek Komponen Mobil Sebelum Pergi Berlibur

Kompas.com - 18/12/2023, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga atau sahabat ke tempat wisata.

Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi menjadi cara yang banyak dipilih agar perjalanan tetap nyaman.

Sebelum melakukan perjalanan, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar liburan bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti.

Baca juga: Jelajah Sulawesi Selatan, MJI Gelar Tour de Celebes 2023

Suwandi, Service Advisor PT. Sejahtera Buana Trada, mengatakan, ada sejumlah aspek yang harus dipersiapkan oleh pemilik kendaraan sebelum memulai perjalanan. Salah satu yang paling penting adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

“Pemilik bisa melakukan pengecekan kendaraan secara mandiri, seperti cek angin dan kondisi ban. Kemudian cek minyak rem dan air radiator, pastikan (volume minyak rem dan air radiator) berada di levelnya (normal), keruh atau tidak,” ucap Suwandi, kepada Kompas.com, Minggu (17/12/2023).

Ilustrasi reservoir minyak remGridOto.com/Ryan Ilustrasi reservoir minyak rem

Suwandi melanjutkan, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pengecekan pada komponen lain, seperti oli mesin, lampu, hingga air wiper mengingat saat ini sedang musim hujan.

“Komponen yang saya sebutkan tadi masih bisa dilakukan pengecekan secara mandiri, selain itu harus dilakukan di bengkel. Seperti cek busi, motor fan, kebocoran oli, kanvas rem, cek kopling (untuk manual) dan oli matik (untuk transmisi matik), sistem AC hingga kaki-kaki,” kata Suwandi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim, mengatakan, persiapan untuk liburan paling utama adalah memastikan mobil dalam kondisi prima.

“Dengan kondisi mobil prima, maka diharapkan perjalanan menggunakan mobil lebih nyaman dan aman,” kata Ibrohim.

Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.DOK. SUZUKI INDOMOBIL SALES Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.

Ketika mobil tidak prima, misalnya ada gejala mesin pincang, ngelitik, tarikan berat dan sejenisnya, disarankan pemilik kendaraan untuk segera melakukan servis. Karena kondisi tersebut menandakan mobil tidak layak digunakan untuk perjalanan jauh.

Baca juga: Toyota Crown Crossover, Tampil Gagah Bergaya Off Road

“Minimal lakukan tune-up, ganti oli, dan pengecekan seluruh elemen penting pada mobil, dengan demikian pemilik mobil akan mengetahui kondisi kaki-kaki mesin dan transmisi, jangan sampai nanti malah timbul kendala di tengah perjalanan,” kata Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com