Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi BMW X5, Kaki-kaki Sangar buat Off Road

Kompas.com - 07/12/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW X5 menjadi salah satu sport utility vehicle (SUV) yang cukup banyak peminatnya. Bukan hanya untuk dipakai harian, tapi mobil ini juga sangat pantas dimodifikasi untuk melewati rintangan off road.

BMW memiliki istilah sendiri untuk penamaan SUV, yakni Sport Activity Vehicle (SAV). Untuk X5, modifikasi dengan gaya off road cukup jarang terlihat. Dengan terhitung sebagai mobil mewah, X5 lebih banyak dipakai untuk berkendara di perkotaan.

Baca juga: Komparasi The New BMW X5 dan Mercedes-Benz GLE

Tapi, berbeda dengan X5 garapan ECS Tuning, bengkel modifikasi asal Amerika Serikat. Mobil ini diberi nama Ultra X5 dan tampil dengan kaki-kaki yang sangat sangar.

Modifikasi BMX X5Dok. Carbuzz.com Modifikasi BMX X5

Dikutip dari Carbuzz.com, Kamis (7/12/2023), X5 tidak hanya diperkuat bagian kaki-kakinya. Tapi, dapur pacunya juga dijejali dengan mesin LS dengan konfigurasi V8.

X5 lansiran 2006 ini ditukar mesinnya dengan mesin LSX V8 berkapasitas 6.685 cc dari Texas Speed & Performance. Mesinnya dipadukan dengan radiator CSF dan girboks Monster Stage 3 6L80E 6-percepatan.

Baca juga: BMW X5 Terbaru Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Ada Varian Hybrid

Untuk as roda, ECS Tuning mengandalkan kepunyaan Ford Super Duty. Lalu, pada bagian suspensi, disematkan coilover Bilstein Stage 3 dengan travel 14 inci. Semua dilakukan agar mobil ini dapat mengatasi segala permukaan jalan.

Modifikasi BMX X5Dok. Carbuzz.com Modifikasi BMX X5

ECS Tuning mengandalkan roda Mickey Thompson Baja Boss dengan ukuran 40x13.50 R17. Karet bundar tersebut dikawinkan dengan pelek beadlock KMC 17x9.

Pemilihan komponen tersebut dilakukan untuk memastikan ban dan pelek berputar dalam hitungan yang sama untuk menghindari hilangnya traksi. Hal tersebut sangat esensial, khususnya saat memanjat bebatuan.

Modifikasi BMX X5Dok. Carbuzz.com Modifikasi BMX X5

Untuk bodinya sendiri, dilakukan modifikasi pada area sepatbor atau fender. Sehingga, pergerakan ban gambotnya tidak terganggu karena menyentuh bodi. Bumper depan dan bagian atap dihiasi dengan lampu kabut dari Hella.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa peningkatan tenaga dan torsi dari Ultra X5 ini. Begitu pula dengan biaya yang dihabiskan untuk membangunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com