Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R12 dan R12 NineT Meluncur, Motor Cruiser dan Roadster Gaya Klasik

Kompas.com - 24/11/2023, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad baru saja memperkenalkan R12 dan R12 NineT. Model cruiser dan roadster yang klasik ini merupakan generasi penerus dari R NineT yang diluncurkan 10 tahun lalu.

Dikutip dari Rideapart, kedua motor menggunakan mesin baru dengan kapasitas 1.170cc boxer dua silinder. Mesin legendaris dari BMW tersebut masih memakai pendingin udara dan oli, tapi kompresinya naik jadi 12:0.

Walau mesinnya sama, kedua motor ini punya setelan yang berbeda di sektor tenaga dan torsi. Misal buat R12, tenaganya 95 TK dan torsi 110 Nm, sedangkan R12 NineT tenaganya lebih besar, 109 TK dan torsi 115 Nm.

Baca juga: 15 Unit BMW iX Jadi Mobil Resmi Indonesia Masters

BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineTBMW BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineT

Keduanya menggunakan transmisi enam percepatan dan tenaga ke roda belakang pakai sistem kopel atau shaft, bukan rantai. Pada model baru ini juga airbox sudah dipindah posisinya ke bawah jok.

Pada bagian sasis masih pakai model trellis seperti R NineT, cuma tentu ada perubahan, menyesuaikan dengan mesin yang baru.

Pada sisi suspensi, di depan memakai model upside-down berukuran 45mm, di belakang model monoshock yang ada di tengah, punya setelan rebound.

Sedangkan di sektor pengereman, memakai kaliper yang dipasang radial dengan empat piston, menjepit cakram 310mm. Sedangkan yang belakang pakai single disc berukuran 265 mm dengan kaliper dua piston.

Baca juga: Wajib Cek Kondisi Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan

BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineTBMW BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineT

Kedua model pakai pelek alloy, cuma beda ukurannya antara R12 dan R12 NineT. R12 karena motor cruiser, pelek depan ukurannya 19 inci, yang belakang 16 inci, sedangkan R12 NineT ukuran peleknya 17 inci di depan dan belakang.

Fitur gaya klasik masih dipertahankan di R12 dan R12 NineT. Misal instrument cluster masih analog, untuk R12 cuma ada speedometer, sedangkan yang R12 NineT ada dua, tambahan takometer di sebelahnya.

Tersedia mode berkendara, tapi antara R12 dan R12 NineT dibedakan. Misal untuk R12 NineT ada mode Rain, Road, dan Dynamic,sedangkan R12 ada mode Rock dan Roll, unik.

Pada generasi baru, R12 dan R12 NineT dilengkapi dengan keyless, jadi tidak perlu colok kunci. Lalu, ada juga port USB-C untuk mengecas dan power outlet 12V.

Soal harga, kedua motor belum ada keterangan resminya dijual berapa. BMW baru memperkenalkan saja seperti apa generasi baru dari R NineT yang lebih modern dengan fitur yang melimpah tapi tetap bergaya klasik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com