Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Bus Tingkat DAMRI Resmi Meluncur, Kabin Sleeper Seat; Pasar Mobil Nasional Positif November 2023, Suzuki Geser Mitsubishi

Kompas.com - 16/12/2023, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pengujung tahun, realisasi penjualan kendaraan roda empat atau lebih di pasar Indonesia berhasil tumbuh positif.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total terdapat 84.390 unit mobil yang dikirimkan dari pabrik ke diler pada periode November 2023, naik 5 persen dibanding satu bulan sebelumnya.

Seiring dengan hal itu, peta persaingan industri otomotif dalam negeri juga tengah berubah. Kini, pada posisi ke-4 berhasil ditempati Suzuki usai kalahkan kinerja Mitsubishi Motors dengan selisih sekitar 100 unit.

Baca juga: Intip Interior Wuling Bingo EV yang Harga Resminya Diumumkan Siang Ini

Kesan ikonik langsung terasa dari tampilan eksterior mobil listrik besutan Wuling Motors, BinguoEV. Pada bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille sehingga menambah kesan berkelas dan timeless.Dok. Wuling Motors Kesan ikonik langsung terasa dari tampilan eksterior mobil listrik besutan Wuling Motors, BinguoEV. Pada bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille sehingga menambah kesan berkelas dan timeless.

Sementara itu, bocoran spesifikasi Wuling Binguo EV yang resmi diluncurkan pada Jumat (15/12/2023) ini juga menjadi salah satu artikel yang paling banyak dicari pembaca Kompas Otomotif.

Apalagi mobil dijanjikan juga akan menjadi produk kendaraan murah menyusul Air EV yang sudah berusia satu tahun di pasar Indonesia.

Binguo EV dikatakan menggunakan baterai LFP yang hadir dengan dua pilihan varian, berdasarkan jarak tempuhnya, yakni 333 Km dan 410 Km.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Kompas Otomotif pada Jumat, 15 Desember 2023:

Bus tingkat DAMRIInstagram @hisyam_2542 Bus tingkat DAMRI

1. Bus Tingkat DAMRI Resmi Meluncur, Kabin Sleeper Seat

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau yang lebih populer dengan DAMRI resmi meluncurkan bus anyar model double decker atau bus tingkat mereka, Kamis (14/12/2023).

Sebelum resmi rilis, bocoran baru ini sempat menjadi perbincangan lantaran DAMRI menghidupkan kembali layanan bus tingkat. Kendaraan niaga anyar ini sekaligus menjadi nostalgia di mana bus tingkat DAMRI pernah eksis pada circa 1960-1990 di Indonesia.

Berbeda dengan era sebelumnya, kali ini bus tingkat DAMRI jauh lebih modern dengan fasilitas sleeper bus.

Ilustrasi penjualan mobil.AUTONEWS Ilustrasi penjualan mobil.

2. Pasar Mobil Nasional Positif November 2023, Suzuki Geser Mitsubishi

Seiring dengan penjualan yang positif, kinerja penjualan beberapa pabrikan lokal terpantau mengalami kenaikkan. Sebagai contoh Toyota yang masih mendominasi pasar dengan market share 36,6 persen, penjualannya tumbuh 12,7 persen jadi 30.916 unit.

Kondisi serupa juga dialami Suzuki yang mampu menaikkan penjualan 18,9 persen sehingga membawanya naik satu peringkat mengalahkan Mitsubishi Motors pada jajaran merek mobil terlaris di Indonesia.

Adapun kenaikan penjualan tertinggi dialami Wuling yaitu 22,9 persen. Membuat pabrikan mobil asal China itu kini menempati peringkat ke-7 mengalahkan Hino, Isuzu, sampai Mitsubishi Fuso.

Baca juga: 10 Provinsi dengan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Indonesia

Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Wuling Binguo EV

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com