Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Belum Mau Jualan Pikap Listrik Hilux EV

Kompas.com - 13/12/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota sudah memamerkan mobil konsep Hilux yang ditenagai sepenuhnya oleh baterai. Tapi, sampai sekarang pikap listrik tersebut belum juga masuk ke tahap produksi untuk dipasarkan.

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (13/12/2023), Toyota telah menyatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kemungkinan dipasarkannya versi listrik dari Hilux. Tapi, tetap menawarkan Hilux dengan teknologi lainnya, baik mesin konvensional maupun hybrid.

Baca juga: Toyota Hilux Hybrid 48V Diperkenalkan di Eropa

Hilux adalah salah satu pikap terlaris di dunia, tapi sejauh ini Toyota belum memperkenalkan versi listrik yang serius. Meskipun, semakin banyak pikap hybrid dan pikap listrik yang memasuki pasar.

Motor listrik Toyota Hilux BEVKompas.com - Aris Harvenda Motor listrik Toyota Hilux BEV

Belum lama ini, Toyota sudah meluncurkan Hilux Hybrid 48V. Pikap ini dibekali dengan dengan teknologi mild hybrid, bukan sepenuhnya hybrid.

Tahun lalu, Hilux berbahan bakar hidrogen juga sempat diperkenalkan, meskipun masih purwarupa. Tahun lalu juga Toyota sudah menggoda dunia dengan meluncurkan mobil konsep Hilux BEV di Thailand.

Ruang interior Toyota Hilux BEVKompas.com - Aris Harvenda Ruang interior Toyota Hilux BEV

Baca juga: Spesifikasi Pikap Toyota Rangga Concept alias Hilux Champ

"Ini benar-benar bagian dari pendekatan multi jalur kami, untuk memiliki powertrain dan solusi yang berbeda. Jadi, masih terlalu dini untuk mengomentari Hilux listrik saat ini. Ada beberapa investigasi, tetapi saya tidak bisa mengatakan lebih banyak lagi," ujar Emmanuel Beaune, CEO Toyota Motor Europe.

Kemungkinan besar untuk segmen pikap, Toyota tidak akan meluncurkan Hilux listrik dalam waktu dekat. Toyota diyakini akan tetap menindaklanjuti Hilux mild-hybrid atau mungkin menawarkannya dalam versi plug-in hybrid, sebelum merilis BEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com