Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tidak Lupa Ganti Oli, Pemilik Honda Vario Bisa Manfaatkan Fitur Oli Change

Kompas.com - 05/12/2023, 16:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Penggantian oli mesin pada sepeda motor merupakan perawatan wajib yang tidak bisa ditawar, bila menginginkan mesin awet dan prima. Namun, tidak sedikit pengguna mengabaikan atau lupa.

Untuk mengantisipasi terjadinya lupa ganti oli tepat waktu, banyak produsen motor membekali fitur pengingat pada line up terbaru mereka. Salah satunya, Honda Vario yang memang dibekali layar informasi digital cukup lengkap.

Konsumen bisa mengatur sesuai kebutuhan, tiap motor menempuh jarak berapa kilometer untuk diingatkan ganti oli. Dengan demikian, risiko kelupaan tidak akan terjadi karena indikator pengingat akan terus muncul selama tidak dilakukan penghapusan.

Baca juga: Jangan Cuek, Ketahui Batas Toleransi Ganti Oli Motor

Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalahKompas.com/Daafa Alhaqqy Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalah

Gio, Pemilik Giovani Motor mengatakan beberapa motor Honda sudah dilengkapi fitur pengingat ganti oli seperti Vario 125, Vario 150, Vario 160, Scoopy dan sejenisnya.

“Fitur tersebut bisa membantu pengguna agar tidak terlupa waktunya ganti oli mesin, intervalnya juga bisa diatur sesuai kebutuhan, saran saya sih makin sering makin baik dan maksimal tiap 3.000 Km,” ucap Gio kepada Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Sementara itu, Gio mengatakan di dalam fitur tersebut interval bisa diatur dengan nilai paling kecil 500 Km sampai maksimal 6.000 Km, dengan kelipatan 500 Km.

Baca juga: Ketahui Penyebab Indikator Oli Motor Terus Menyala

Honda Vario dilengkapi layar informasi digital cukup lengkapKompas.com/Erwin Setiawan Honda Vario dilengkapi layar informasi digital cukup lengkap

Cara mengatur interval pengingat ganti oli pada Vario cukup mudah, tidak membutuhkan alat khusus, asal pengguna tahu tahapannya,” ucap Gio.

Sebagai tambahan informasi, berikut cara mengatur interval pengingat ganti oli pada Vario:

  1. Pertama, putar kontak ke posisi ON,
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol SELECT dan SET secara bersamaan sampai jam digital di layar informasi berkedip
  3. Pilih menu “oil change” dengan cara tekan SELECT.
  4. Tekan tombol SET untuk mengatur interval penggantian oli, yaitu antara 500 Km sampai 6000 Km.
  5. Jika sudah sesuai, tekan tombol SET lagi dan selesai.

Nah, itu tadi cara mengatur interval pengingat penggantian oli mesin pada Vario. Fitur ini akan membantu pengguna dalam memberikan informasi kapan saatnya ganti oli mesin sesuai rencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com