Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Rolls-Royce, Bisa Seminggu Dipakai Tanpa Mengecas

Kompas.com - 06/12/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Rolls-Royce Spectre sudah mendarat di Indonesia pada awal November 2023. Spectre menandai dimulainya babak baru buat konsumen Rolls-Royce dan dimulainya era serba listrik.

Daffa Raffiano Dally, Product Genius Rolls-Royce Motor Cars Jakarta, mengatakan, Rolls-Royce Spectre punya jarak tempuh 520 km sekali isi daya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil yang Kelamaan Mangkrak Bisa Cepat Rusak?

Rolls Royce SpectreKOMPAS.com/Adityo Wisnu Rolls Royce Spectre

"Pengguna Rolls-Royce itu sendiri rata-rata cuma dalam kota. Kalau untuk Jakarta saja, sudah sama sekali tidak perlu isi bensin, dan karena sudah ada wall box isi daya di rumah. Jadi benar-benar cas di rumah semalaman dan dipakai lagi," kata Daffa kepada Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

"Dengan jarak tempuh 520 km, dan dipakai untuk harian seminggu tidak perlu ngecas kalau hanya dalam kota, paling pemakaian harian (konsumen Rolls-Royce) 15 km sampai 20 km (per hari)," ungkapnya.

Daffa mengungkapkan, konsumen Spectre akan langsung mendapat wall box charger. Saat konsumen membeli mobil, pihak Rolls-Royce akan survei rumah konsumen dua bulan sebelum mobil datang untuk melakukan pemasangan.

Baca juga: Begini Tandanya Sudah Harus Beli Helm Baru

Rolls Royce SpectreKOMPAS.com/Adityo Wisnu Rolls Royce Spectre

"Langsung dapat wall box charger, pertama konsumen order dan kita akan survei dua bulan sebelum mobil datang, kita cek apakah daya listrik cukup dan segala macam, jadi sebulan sebelum datang wall box sudah terpasang," ujarnya.

Daffa mengatakan, wall box charger tersebut memiliki spesifikasi pengisian tipe AC charger dengan daya 3,7 kW sampai 22 kw. Harga untuk casan sekitar Rp 40 juta sampai Rp 70 juta.

"AC charger 22 kW isi dari 0-100 persen yaitu 4 jam 38 menit. Tapi kalau charger DC 195 kW hanya sekitar 45 menit. Tapi kalau yang DC, Spectre itu 195 kW kita tidak suplai. Di Indonesia setahu saya yang ada DC charger hanya punya PLN," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com