Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Simpan Ponsel di Dashbor Motor, Kamera Bisa Rusak

Kompas.com - 05/12/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dashbor motor biasanya menjadi tempat penyimpanan cepat yang digunakan oleh pengendara, untuk meletakkan barang-barang kecil seperti uang receh, dompet, bahkan ponsel.

Satu hal yang harus diketahui, menyimpan ponsel di dashbor motor ternyata cukup berisiko. Menurut sebagian orang, perilaku ini bisa menimbulkan kerusakan pada modul kamera.

Satu keluhan dibagikan oleh akun @laila di Tiktok, dia menunjukkan kondisi ponsel merek iPhone miliknya yang mengalami rusak kamera, setelah diletakkan di dashbor motor.

“Hati hati ya gais yang sering naro HP di dashboard motor, nih akibatnya.. Nyesekk banget asliiii. Buat kalian jangan lagi yaa, nanti nyesell kek gue,” ucapnya, dikutip Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Apa Benar Cas Ponsel di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

@lailaaaaaaaaw Kalo taruh hp jangan di dashboard motor ya gais ???? #iphone #dashboard ? suara asli - adit - Hystyle

Melalui video yang dibagikan, memang terlihat kamera mengalami eror dan gambarnya terlihat berguncang. Padahal perekam dalam posisi diam.

Kondisi semacam ini ternyata bukan apes belaka, dan memang bisa dialami oleh semua pemilik smartphone, tidak hanya yang bermerek iPhone saja.

Ari Badrun, Technical Support Digimap Indonesia menjelaskan, kerusakan ini terjadi akibat rusaknya komponen Optical Image Stabilization (OIS) alias penstabil gambar di kamera.

“Sebenarnya enggak cuma iPhone, tapi semua ponsel yang sudah pakai modul optical image stabilization (OIS) pada kameranya,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Musim Hujan, Jangan Coba Terabas Jalanan yang Banjir

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

Sesuai namanya, komponen OIS berfungsi untuk menstabilkan kamera supaya proses perekaman atau pengambilan gambar jadi lebih mudah dan hasilnya lebih jernih. Modul ini disokong oleh magnet-magnet kecil disekelilingnya.

Guncangan keras yang terus menerus saat ponsel diletakkan di dasbor bisa menggeser magnet-magnet tersebut. Efeknya, viewfinder jadi kabur, terlihat bergoyang, dan tidak bisa mengambil fokus

Ari menjelaskan, satu-satunya solusi untuk menyelesaikan kendala ini adalah dengan bongkar total, dan mengganti komponen kamera. Untuk merek iPhone, tentu saja biayanya tidak murah.

“Satu-satunya solusi supaya baik lagi itu bongkar total. Untuk iPhone biayanya cukup mahal, mulai dari Rp 2 juta, tergantung tipe,” kata Ari.

Menimbang biaya perbaikan yang cukup besar, pengguna sebaiknya tidak menyimpan ponsel di bagian dashbor lagi. Langkah paling aman adalah membawa tas, atau sekedar menyimpan di saku celana saja.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com