Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Jalanan, Mitsubishi Colt T120 Bikin Mobil Jepang Diterima di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2023, 08:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Jepang mulai merajai jalanan Indonesia pada awal tahun 1970'an. Mobil Jepang menggantikan mobil-mobil keluaran Amerika Serikat dan Eropa yang menguasai pasar sejak era kemerdekaan.

Namun menurut buku "Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini" karya James Luhulima, awalnya masyarakat Indonesia kurang tertarik dengan mobil keluaran Jepang karena bodinya tipis seperti "kaleng kerupuk."

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun

Namun perlahan dan pasti sejak mobil Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1960'an, berbagai mobil Jepang mulai diterima pasar karena tangguh, mudah perawatan, dan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972Foto: Via carvaganza Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972

Menariknya, salah satu mobil yang dianggap mampu mengubah citra mobil Jepang kala itu datang dari mobil komersial yaitu Mitsubishi Colt T100 dan Colt T120.

"Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972," tulis buku dikutip Minggu, (3/12/2023).

"Mitsubishi Colt T100 dan Colt T120 itu pada awalnya masuk sebagai kendaraan umum mendampingi opelet dan bemo," tulis buku.

Baca juga: Keunggulan Konversi Motor Listrik Pakai Dinamo Hub-Drive, Irit Baterai

Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972Foto: id.pinterest.com/mashercolt Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972

Dengan cepat Colt T120 mulai menyingkirkan opelet sebagai angkutan umum yang sebagian besar menggunakan basis Opel, Austin, dan Morris Minor.

Kemudian dengan dimensi yang tak terlalu besar, Colt T120 rupanya sesuai untuk jalanan di Jawa Barat, khususnya daerah Puncak, Bogor. Tak pelak Colt T120 kemudian dijuluki Raja Angkutan Umum.

Di masa itu Colt T120 mampu menyingkirkan opelet bertenaga besar yang berbasis mobil-mobil Amerika dengan mesin besar, seperti Chevrolet, Ford, Dofge, De Soto dan Fargo.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Mobil per Desember 2023

Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972Foto: titosdupolo.blogspot.com Salah satu mobil keluaran Jepang yang tidak dapat dimungkiri keandalan dan ketangguhannya adalah Mitsubishi Colt T100 yang mulai dipasarkan di negara ini pada tahun 1971, yang kemudian disusul oleh Mitsubishi Colt T120 pada tahun 1972

"Minibus Mitsubishi Colt yang harganya murah, lincah, hemat dalam mengonsumsi bahan bakar, dan mudah perawatannya langsung mendapatkan tempat di hati masyarakat," kata buku tersebut.

Sukses Colt T120 kemudian membuat pabrikan Jepang lain terjun di segmen yang sama kemudian pada akhirnya menyingkirkan merek asal Amerika.

Salah satu yang mengikuti jelak Colt T120 ialah Suzuki ST10 yang menyandang mesin 2-tak berkapasitas 260 cc dan kemudian diikuti ST20 yang menyandang mesin 2-tak berkapasitasn 600 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com