Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Ganti Oli MINI Cooper di Bengkel Spesialis

Kompas.com - 28/11/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik MINI Cooper model baru yang sudah berumur di atas lima tahun kini bisa melakukan servis di bengkel spesialis. Harganya relatif lebih murah dibandingkan bengkel resmi.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, jika dibandingkan bengkel resmi maka biaya servis di tempatnya lebih murah antara 20-30 persen.

Baca juga: Atap MINI Cooper Tak Selalu Putih, Ini Bedanya

"Servis ganti oli Rp 1,5 juta sampai Rp 1,8 itu termasuk oli mesin, filter oli, jasa, dan scan semuanya," kata Cliff kepada Kompas.com, Senin (28/11/2023).

Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Kalau ada pergantian lain lagi. Pergantian lain-lain, karena kalau servis kan juga lain-lain ada filter AC, filter udara, kampas rem, piringan rem, filter bensin di luar itu," ujarnya.

Cliff mengatakan, MINI Klinik Indonesia merupakan bengkel MINI Cooper independen atau di luar diler resmi pertama di Indonesia.

"Kita baru mulai Mei jadi sekitar lima bulan. Kami terima khusus MINI Cooper, BMW juga. Tapi bisa dibilang kami bengkel independen spesialis di luar bengkel resmi," ujar Cliff

Cliff mengatakan, bengkelnya menerima perbaikan umum, mulai dari kaki-kaki, mesin, interior, AC, lampu-lampu, kemudian body repair, restorasi dan juga modifikasi.

Baca juga: Komparasi Harga Tiket Sleeper Bus dari Berbagai PO

"Sampai ke modifikasinya kalau mau remap (ECU), mau main performa, coilover, air suspension, kemudian aksesoris, karena MINI Cooper banyak aksesoris, karbon dan lainnya. Sampai ke cover mobil kita jual," katanya.

Walaupun bukan bengkel resmi, fasilitas dan kualitas pengerjaan tetap memakai standar operasional prosedur (SOP) bengkel resmi.

"Dulu kita orang-orang Maxindo Pondok Indah yang di Arteri, jadi setelah dia tutup diambil alih perusahaan lain sekarang kita buka sendiri bengkel spesialis. Jual beli mobil bekas juga kita bisa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com