Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap MINI Cooper Tak Selalu Putih, Ini Bedanya

Kompas.com - 27/11/2023, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri khas MINI Cooper ialah memiliki bodi two tone allas dua warna. Mobil ini biasanya punya atap berwarna putih yang membuat tamnpilannya jadi "imut-imut."

Namun sebetulnya tak semua atap MINI Cooper berwarna putih. Bila diperhatikan, tiap model MINI punya warna atap yang berbeda-beda.

Baca juga: Royal Enfield Himalayan Racikan Smoked Garage, Jadi Motor Futuristik

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, warna atap MINI Cooper bermacam-macam, ada putih, merah, hitam, perak sampai keemasan.

Generasi terbaru Mini Cooper S EV yang dipasarkan di Indonesia dengan nama Mini ElectricDok. Carscoops.com Generasi terbaru Mini Cooper S EV yang dipasarkan di Indonesia dengan nama Mini Electric

"Kalau atap kita bicara asli ya tidak dimodifikasi, karena kan kadang ada orang yang diberikan stiker atau dicat ulang," kata Cliff kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (27/11/2023).

"Kalau originalnya atap merah itu untuk JCW (John Cooper Works), terus atap silver itu GP2, kemudian atap sampanye itu GP3. Kalau atapnya hitam atau putih itu kebanyakan atau mayoritas itu Cooper S," kata Cliff.

Baca juga: Deretan Sleeper Bus yang Punya Fasilitas Toilet Mewah

Adapun anggapan atap MINI Cooper identik berwarna putih karena mungkin model Cooper S yang paling sering terlihat di jalan raya.

"GP itu versi trek dari MINI. GP itu ada GP1, GP2, dan GP3. GP sendiri singkatan dari Grand Prix, jadi mobil itu awalnya didesain untuk di trek. Nah itu atapnya ada silver dan sampanye agak emas," ujar Cliff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com