Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diggia Jadi Pebalap Pertamina Enduro VR46

Kompas.com - 27/11/2023, 18:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Di Giannantonio akhirnya mendapatkan tempat untuk bertahan di MotoGP. Pebalap yang akrab disapa Diggia ini akan menjadi bagian dari Pertamina Enduro VR46.

Semuanya berawal dari Marc Marquez yang menggeser posisi Diggia dari Gresini Racing. Lalu, Luca Marini mengisi posisi yang ditinggalkan Marquez. Pada akhirnya, Diggia mendapatkan tempat yang ditinggalkan oleh Marini.

Diggia berhak mendapatkan tempat di tim satelit Ducati milik Valentino Rossi karena performanya pada akhir-akhir musim 2023. Pebalap asal Italia ini tampil cemerlang pada beberapa seri terakhir dengan meraih podium dan kemenangan.

Baca juga: Podium Diggia Batal karena Melanggar Aturan Tekanan Ban

Musim ini, Diggia naik podium pada MotoGP Australia, sprint race MotoGP Qatar, dan menang pada balapan utama MotoGP Qatar.

Pada MotoGP Valencia, Diggia juga finis di posisi kedua. Meskipun, harus turun ke posisi keempat karena kedapatan melanggar aturan tekanan ban.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mooney VR46 Racing Team (@vr46racingteam)

Uccio Salucci, Direktur Tim Pertamina Enduro VR46, mengatakan, dirinya sangat senang bisa mengumumkan bahwa Diggia akan bergabung dengan timnya. Kedatangannya tidak terduga, di menit-menit terakhir, namun Salucci mengaku puas bahwa VR46 telah memilih Diggia.

"Ia menjalani akhir musim yang luar biasa, ia tidak kehilangan dirinya sendiri ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan saya yakin ia akan merasa betah di sini," ujar Salucci, dalam keterangan resminya.

"Di level motorsport, ia telah terbukti menjadi salah satu pembalap muda Italia tercepat, ia akan terus bekerja sama dengan Ducati dan tujuannya adalah untuk membantunya tidak hanya menjadi kompetitif, tetapi juga konsisten dalam hasilnya," kata Salucci.

Baca juga: Penjelasan Mapping 8 di Motor Diggia, Team Order Ducati?

Salucci menambahkan, ini adalah proyek yang ambisius, ini menandai titik balik dalam sejarah tim VR46. Tapi, dia yakin timnya akan memberikan yang terbaik untuk menuju ke arah yang sama.

Fabio Di Giannantonio saat meraih kemenangan pertamanya pada MotoGP Qatar 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat meraih kemenangan pertamanya pada MotoGP Qatar 2023

Diggia mengatakan, dirinya senang bisa bergabung dengan tim yang kuat seperti VR46. Dia bisa belajar banyak dan tidak sabar untuk mulai bekerja sama dalam proyek ini.

"Kita bisa melakukan hal-hal yang sangat bagus. Dalam dua musim terakhir di MotoGP saya telah berkembang pesat dan di tim ini saya pasti bisa lebih matang dan meraih hasil yang luar biasa," ujar Diggia.

"Saya sangat senang, saya tidak sabar untuk bertemu dengan semua staf dan kru baru saya dan mulai bekerja di lintasan. Terima kasih untuk semua orang yang telah memungkinkan hal ini terjadi," kata Diggia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com