Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Yakin Bisa Kumpulkan Poin Lebih Banyak Lagi di Valencia

Kompas.com - 26/11/2023, 18:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing tampil solid pada sprint race MotoGP Valencia 2023. Kedua pebalapnya berhasil mengumpulkan poin penting untuk klasemen sementara MotoGP 2023.

Fabio Di Giannantonio sanggup membawa motornya hingga finis di posisi keenam. Sedangkan Alex Marquez, finis di posisi kedelapan.

Baca juga: Nasib Diggia di MotoGP 2024 Mulai Temui Titik Terang

“Jika beberapa bulan yang lalu mereka mengatakan kepada kami bahwa posisi keenam berarti hasil yang buruk, tapi kami akan merayakannya, jadi ini jelas merupakan hari yang positif,” ujar pebalap yang akrab disapa Diggia, dalam keterangan resminya.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023

Diggia menambahkan, motornya memiliki kecepatan dan akselerasi yang sama dengan Bagnaia. Sayang sekali dia kehilangan banyak poin saat keluar dari tikungan karena hal itu menghalangi Diggia untuk menyalip Bagnaia.

“Kami perlu sempurnakan di area ini, tapi kami masih bisa balapan dengan bagus," kata Diggia.

Baca juga: Mengulang Sejarah, Gresini Racing Raih Kemenangan Lagi di MotoGP Qatar

Sementara itu, Alex yang kini berada di posisi sembilan klasemen MotoGP 2023, menggeser Fabio Quartararo, mengakui senang dengan finis di Sprint Race MotoGP Valencia.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023

“Kami berkembang pesat selama akhir pekan dan sangat disayangkan untuk insiden di kualifikasi saat saya berada pada potensi lap tercepat. Ini pasti akan membantu untuk memulai lebih dekat ke depan,” ujar Alex. 

Salah dalam pilihan ban membuatnya hanya bisa finis di posisi kedelapan. Padahal, potensi motor sangat kencang di sirkuit sepanjang 4.002 meter ini. 

Aksi Alex Marquez (Gresini Racing) pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 November 2023.AFP/MOHD RASFAN Aksi Alex Marquez (Gresini Racing) pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 November 2023.

“Saya memilih ban medium saat balapan, tapi tidak berjalan sesuai harapan, terutama karena temperatur. Saya juga punya masalah di awal, jadi kami punya margin besar untuk tampil lebih baik besok,” ujar Alex.

Di klasemen sementara MotoGP 2023, Alex kini miliki 167 poin dan berada di peringkat kesembilan. Sedangkan Diggia, berada di peringkat ke-12 dengan memiliki 138 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com