Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Kans Francesco Bagnaia Juara Dunia di MotoGP Valencia

Kompas.com - 24/11/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penentuan juara dunia MotoGP 2023 akan berlangsung akhir pekan ini di seri terakhir, MotoGP Valencia. Selisih poin Francesco Baganaia yang memimpin klasemen dengan Jorge Martin cuma 21 poin.

Oleh karena itu, kesempatan Bagnaia buat juara dunia berturut-turut sangat besar. Bahkan, bisa dibilang sulit buat dikejar Martin, harus memenangkan Sprint dan penentuan dilanjutkan saat balapan hari Minggu.

Total poin yang bisa dikumpulkan Martin di MotoGP Valencia adalah 37 poin. Jadi masih ada kans Martin merebut juara dunia dari Bagnaia, meskipun kecil.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2023, Latihan Resmi Dimulai Hari Ini

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023Dok. @pramacracing Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023

Cuma, skenario Bagnaia menjuarai MotoGP musim ini lebih besar. Misal dari Sprint saja, Bagnaia minimal mengumpulkan 5 poin atau finis kelima dan Martin finis 10 besar atau lebih buruk, maka Bagnaia sudah menjuarai MotoGP 2023.

Cuma perlu diwaspadai, Martin juga bukan lawan yang mudah dikalahkan. Selama Martin fokus, posisi podium bisa saja dia dapatkan saat Sprint, bahkan memenangkannya.

Catatan Martin di Valencia pun tidak terlalu buruk, musim 2021 dia finis kedua dan 2022 mengamankan podium ketiga. Makanya kans Martin masih ada buat merebut juara dunia dari Bagnaia.

Baca juga: Modifikasi Digital Daihatsu Sigra, Naik Kelas Pakai Wide Bodykit


Tapi Martin bisa dibilang harus kerja keras, kalau menang Sprint dan Bagnaia finis di belakangnya, selisih poin jadi 19. Jadi kembali lagi, penentuan juara dunia dilanjut ke balapan hari Minggu.

Sekalipun Martin menang di balapan hari Minggu, dapat 25 poin, Bagnaia harus finis minimal ke-11 atau lebih buruk, baru Martin juara dunia. Cuma, skenario ini juga seperti cukup sulit terjadi.

Mari kita lihat saja pada balapan pekan ini. Sesi latihan dimulai Jumat (24/11/2023), kualifikasi dan Sprint di Sabtu (25/11/2023), dan balapan di Minggu (26/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com