Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Beli Avanza Reborn Bekas, Cek TCU di Bengkel Resmi

Kompas.com - 24/11/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi ke-2 alias Avanza Reborn sedang naik daun di bursa mobil bekas. Permintaan meningkat karena mobil ini diklaim punya performa kuat, dan sanggup melewati tanjakan spongebob yang terkenal curam.

Bagi konsumen yang mempertimbangkan untuk membeli Avanza reborn bekas, ada beberapa poin yang harus diperhatikan terkait kualitas, supaya tidak merugi dan menyesal di kemudian hari.

Satu hal penting yang wajib dipahami konsumen, Avanza Reborn adalah mobil lama. Masa produksinya di mulai tahun 2011 sampai 2020, artinya, usia produksi pertamanya sudah di atas 20 tahun.

Baca juga: Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019TAM Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019

Sewajarnya mobil tua, sangat wajar apabila dijumpai kekurangan di beberapa sektor. Upaya yang harus dilakukan konsumen adalah memilih mobil dengan minus paling sedikit.

Beruntungnya, beberapa diler mobil bekas sudah menyediakan jasa inspeksi, dan mengatur grade alias tingkatan mobil, berdasarkan kualitas dan tingkat kesehatannya.

Lambertus Darian, Pemilik Diler Mobil Bekas Lamberindo Auto Gading Serpong mengatakan, bursa miliknya selalu mewajibkan proses inspeksi setidaknya dua kali, yakni ketika mobil baru distok dan saat hendak dibeli konsumen.

“Buat kelengkapannya pasti kita periksa dulu. Ada datanya, ada grade-nya juga nanti. Harganya juga pasti beda-beda, tapi secara keseluruhan sudah aman lah ya,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Innova Zenix Jadi Mobil Hybrid Bekas Paling Dicari Konsumen

Inspeksi mesin mobil bekasOtospector Inspeksi mesin mobil bekas

Melalui tahapan inspeksi, konsumen tidak perlu lagi bingung dan kerepotan untuk memeriksa kondisi mobil sendiri, karena hal ini sudah ditangani oleh pihak diler.

“Kita fasilitasi juga kalau konsumen masih kepo, kita bantu jelaskan dari A sampai Z,” ucap Darian.

Namun apabila konsumen masih merasa risau, ada satu opsi lain yang bisa dimanfaatkan, yakni melakukan Total Check Up (TCU) di bengkel resmi.

TCU sejatinya sama saja dengan inspeksi, namun prosesnya dilakukan langsung di bengkel resmi dan prosesnya tentu jauh lebih terperinci.

Baca juga: Pedagang Klaim Permintaan Mobil Listrik Bekas Tinggi, tapi Stok Jarang

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, saat proses TCU, semua komponen mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Bengkel resmi juga menjamin transparansi, tanpa mengurangi poin apapun.

“Mulai mesin sampai baut-baut bakal diperiksa. Nanti konsumen bakal dikasih tabel grafik, jadi bisa tahu kondisi mobilnya bagaimana,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (23/11/2023).

Menurut Juni, proses TCU akan sangat bermanfaat bagi konsumen yang hendak membeli mobil bekas lansiran tahun tua, seperti Avanza Reborn.

Baca juga: Wuling Binguo EV Sudah Lulus Uji Tabrak di China

Proses Total Quality Control (TCU) di bengkel resmi Auto2000KOMPAS.com/daafa Proses Total Quality Control (TCU) di bengkel resmi Auto2000

“Kalau ada minusnya, bisa langsung tahu. Ini bisa dijadikan pertimbangan juga,” kata dia.

Juni mengatakan, proses TCU bisa dilakukan di semua diler resmi, dengan biaya jasa Rp 250.000. Prosesnya juga cukup singkat, sekitar 2 jam saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com