Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Fitur Baleno Lawan Yaris dan City Hatchback

Kompas.com - 14/08/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini memberikan sedikit sentuhan baru untuk Baleno yang dihadirkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Pembaruan yang diberikan berupa peningkatan fitur keamanan dan kenyamanan yang diklaim lebih fungsional dan atraktif. Dengan begitu, hatchback Suzuki ini semakin tampil kompetitif untuk bersanding dengan para rivalnya seperti Toyota Yaris dan Honda City Hatchback RS.

Sebagian besar, fitur yang dimiliki ketiga mobil ini relatif serupa. Tetapi ada juga beberapa fitur yang hanya ada pada mobil tertentu.

Baca juga: Intip Spesifikasi Neta S, Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 1.100 Km

Suzuki Baleno mendapat ubahan baru yakni camera 360 dan head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang diklaim lebih fungsional dan atraktif.

Dengan adanya camera 360, pengemudi bisa memantau lingkungan sekitar secara menyeluruh. Suzuki menyematkan penambahan kamera di sisi depan, belakang, kiri dan kanan mobil.

Toyota Yaris facelift 2023TAM Toyota Yaris facelift 2023

Sementara layar head unit 9 inci sudah terintegrasi dengan fitur Apple Car Play dan Android Auto yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi ke smartphone secara instan ke layar head unit Suzuki Baleno, sehingga pengguna di dalam mobil dapat mengoperasikan fitur yang ada di smartphone sambil tetap fokus berkendara.

Baleno hatchback terbaru juga sudah memiliki Hill Hold Control (HHC). Fitur ini berfungsi menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan.

Lalu ada juga fitur Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Baca juga: Adu Spesifikasi Wuling Air EV dan Seres E1, Selisih Harga Beda Rp 54 Juta

Sementara untuk Toyota Yaris, dibekali layar head unit yang ukurannya serupa dengan Suzuki Baleno, yakni 9 inci. Head unit ini juga memiliki sistem konektivitas dengan smartphone via Bluetooth, USB, dan Miracast.

Fitur keamanan dan keselamatan Yaris juga lengkap dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta Vehicle Stability Control (VSC). Kemudian Yaris juga memiliki Hill Start Assist, fungsinya sama seperti HHC pada Suzuki Baleno.

Honda City Hatchback RSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS

Adapun untuk City Hatchback RS dibekali dengan layar sentuh pada dasbornya berukuran 8 inci yang sudah dilengkapi fitur yang cukup lengkap, sudah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Sama seperti Yaris dan Baleno, Hatchback RS juga sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, dan BA.

Keunggulan City Hatchback RS sudah disematkan teknologi Honda Sensing. Honda Sensing meliputi banyak fitur, antara lain Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Auto High Beam (AHB), dan lainnya.

Baca juga: Suzuki Ignis Dapat Ubahan Minim, Ada Fitur ESP

Jika dibandingkan fiturnya, City Hatchback RS yang paling unggul. Sebab, mobil ini sudah dibekali dengan fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih. Sementara Yaris dan Baleno bersaing cukup ketat dari segi kelengkapan fitur.

Tak heran, jika City Hatchback RS dibanderol paling mahal diantara lainnya, yakni Rp 374.600.000. Sedangkan Yaris, hargaya Rp 349.000.000 untuk tipe tertingginya. Sementara untuk Baleno dipasarkan di angka Rp 281.400.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com