Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Imbau Penonton Konser Coldplay Pakai Transportasi Umum

Kompas.com - 15/11/2023, 13:15 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah kepadatan lalu lintas di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) terkait adanya konser Coldplay yang berlangsung pada, Rabu (15/11/2023), Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

“Polda Metro Jaya mengimbau penonton konser untuk menggunakan sarana transportasi publik,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip dari NTMC Polri, Rabu (15/11/2023).

Trunoyudo melanjutkan, ada sejumlah titik yang dijadikan sebagai tempat pemberhentian penonton.

Selain itu, ia juga mengimbau semua pihak, baik penonton konser maupun masyarakat Jakarta secara keseluruhan agar menjaga ketertiban dan keamanan selama konser berlangsung.

Baca juga: Toyota HiAce Mesin Hidrogen Mulai Tes Jalan di Australia

“Seluruh penonton drop off di pintu 1, 5, 6, 7, 8 dan 10. Mengimbau menjaga ketertiban dan keamanan secara umum,” kata Trunoyudo.

Polda Metro Jaya turut menyiapkan sebanyak 3.906 personel untuk mengamankan konser tersebut. Ribuan personel itu merupakan gabungan dari anggota Polda Metro, Polres, hingga BKO dari TNI AD dan pemda DKI Jakarta. Lebih rinci, 2.626 personel Polda Metro, 299 personel dari Polres, 981 personel BKO dari TNI AD hingga Pemda DKI.

“3.906 personel (amankan konser Coldplay di Jakarta),” ucap Trunoyudo.

Jadwal Operasional Transportasi publik

Ilustrasi Transjakarta.KOMPAS.com/JOY ANDRE T Ilustrasi Transjakarta.

Beberapa transportasi publik, seperti Transjakarta dan MRT memberlakukan jadwal operasional khusus saat penyelenggaraan konser band asal Inggris yang akan berlangsung hari ini, Rabu (15/11/2023) di Stadion GBK, Jakarta.

Untuk jam operasional Transjakarta akan diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB, dari yang sebelumnya 22.00 WIB. Setidaknya ada tiga layanan yang diperpanjang hingga dini hari.

Ketiga rute Transjakarta tersebut meliputi:

Transjakarta 3F: Rute Kalideres - GBK
Transjakarta 9C: Rute Pinang Ranti - GBK, dan
Transjakarta 10 H: Rute Tanjung Priok - Blok M.
Selain ketiga rute tersebut, Transjakarta juga menyediakan layanan 24 jam pada 13 koridor. Beberapa diantaranya adalah koridor yang melintas di kawasan GBK, seperti Transjakarta M1 rute Blok M-Kota.

Baca juga: Video Balita Nyaris Tertimpa Motor

Tidak hanya Transjakarta, khusus hari ini MRT Jakarta juga akan beroperasi hingga pukul 01.30 WIB atau lebih lama 1,5 jam dari jam operasional di hari normal yakni 05.00-00.00 WIB.

Kemudian jarak kedatangan antar kereta (headway) pada hari ini sama seperti biasa, yaitu setiap 5 menit sekali saat jam sibuk (peak hours) pukul 07.00 sampai 09.00 WIB dan pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com