Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CR-V Mesin Hidrogen Pertama Kali Dipamerkan, Dijual mulai 2024

Kompas.com - 14/11/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CR-V tidak hanya hadir dengan versi hybrid. Belum lama ini, Honda dikabarkan akan merilis juga CR-V bermesin hidrogen pada 2024.

Dikutip dari Headlightmag.com, Senin (13/11/2023), Honda diketahui bekerja sama dengan General Motors (GM) untuk mengembangkan mobil listrik sepenuhnya untuk dijual di Amerika Serikat. Produk pertama sudah dipamerkan pada Japan Mobility Show 2023, yakni Honda Prologue.

Baca juga: Honda CR-V Hidrogen Tertangkap Kamera Saat Uji Coba di Jalan

Ternyata, Honda juga menyiapkan teknologi terbarunya yang sudah dikembangkan bersama GM. Teknologi tersebut adalah mesin hidrogen. Mesin tersebut akan disematkan pada CR-V e:Fuel Cell.

Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel CellDok. Honda Racing Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel Cell

Honda Automobile belum lama ini memamerkan versi purwarupa dari CR-V mesin hidrogen pada ajang Super Taikyu Series 2023 yang digelar di Fuji Speedway.

Momen unik juga terjadi saat CR-V e:Fuel Cell ini dipamerkan pada ajang balap tersebut. Terlihat bos besar Toyota, yakni Akio Toyoda, turut penasaran dengan mobil tersebut. Bahkan, pria yang memiliki julukan Morizo ketika menjadi pebalap ini memberikan tanda tangannya pada kap mesin CR-V e:Fuel Cell.

Baca juga: Harga Jadi Tantangan Besar Adopsi Transportasi Berbasis Hidrogen

Honda CR-V e:Fuel Cell menggunakan mekanisme untuk mengubah bahan bakar hidrogen menjadi tenaga listrik. Untuk memberikan tenaga pada mesin bensin 2.0 liter yang terhubung ke sistem Plug-in Hybrid, mesin ini akan membantu meringankan kekhawatiran penggunanya saat bepergian di area yang mungkin memiliki jumlah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang terbatas.

Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel CellDok. Honda Racing Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel Cell

Honda dan GM telah melakukan upaya untuk membuat harganya kompetitif dan membuat penjualan menjadi masuk akal. Selain itu, mesin hidrogen ini juga akan terus dikembangkan hingga memiliki biaya yang lebih rendah dan tahan lama seperti mesin diesel saat ini.

CR-V e:Fuel Cell dijadwalkan untuk meluncur di Amerika Serikat dan Jepang pada 2024. Sayangnya, belum diketahui kapan tepatnya SUV ini akan dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com