Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu dan Honda Pamerkan Truk Hidrogen di Japan Mobility Show 2023

Kompas.com - 23/10/2023, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Motors Limited dan Honda Motor Co., Ltd, siap memamerkan truk berbahan hidrogen, Giga Fuel Cell, di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023, yang akan digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang.

Truk heavy-duty ini memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar sehingga tidak menghasilkan emisi CO2, dan dinilai efektif untuk mencapai netralitas karbon.

Dikutip dari keterangan resmi Isuzu, Minggu (22/10/2023), sejak penandatanganan perjanjian pada bulan Januari 2020, Isuzu dan Honda sepakat melakukan penelitian terkait truk kelas berat bertenaga hidrogen.

Baca juga: Banyak Pelat Dinas Palsu Dijual Bebas di Online, Harus Ditindak Tegas

Kedua perusahaan saat ini berencana untuk memulai uji demonstrasi model prototipe di jalan umum sebelum akhir tahun fiskal berjalan (berakhir pada 31 Maret 2024), dan memperkenalkan model produksi ke pasar pada tahun 2027 mendatang.

Rencana Isuzu untuk meluncurkan D-Max EVDok. Isuzu Motors Rencana Isuzu untuk meluncurkan D-Max EV

Model Giga Fuel Cell yang dipamerkan di JMS mengadopsi konfigurasi truk Low Deck 8x4, yang merupakan konfigurasi khas truk yang digunakan untuk transportasi antar kota. Truk heavy-duty ini diklaim memiliki jangkauan lebih dari 800 km.

Baca juga: PO Ainon Luncurkan Medium Bus Baru Mewah

Tak hanya itu, Giga Fuel Cell dilengkapi dengan fungsi keluaran daya eksternal, sehingga dapat memanfaatkan kapasitas energi yang lebih besar untuk difungsikan sebagai “mobile power station”. Hal ini cocok digunakan saat terjadi bencana alam.

Dalam rangka rencana peluncuran Giga Fuell Cell pada tahun 2027, kedua perusahaan ini juga berkomitmen untuk terus membuat kemajuan dalam pengembangan produk yang memenuhi kinerja dan kondisi yang diperlukan dalam memuaskan pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com