Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Toyota Vellfire Nanjak Pakai Posisi Mundur

Kompas.com - 12/11/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial Toyota Vellfire menanjak di jalan tanah dengan posisi mundur. Trik ini biasanya dilakukan dalam dunia off road untuk melintasi rintangan berupa tanjakan.

Dalam video yang diungah akun Instagram, achmad_subechi, Vellfire tersebut menggunakan pelat nomor BK atau Sumatera Utara. Awalnya mobil kesulitan menanjak tapi setelah putar arah posisi mundur mobil justru berhasil menanjak.

Baca juga: Adu Fitur Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250SX

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

 

"Apapun mobil nya, semua tergantung sopirnya *domtorreto," tulis akun imadeputrabuana182 dikutip pada Minggu (12/11/2023).

Jusri Pulubuhu, Defensive Driving Lead Instructor, Jakarta Defensive Driving Consulting, mengatakan, fenomena menanjak pada elevasi curam dengan memutar arah mobil jadi mundur sering dilakukan pada mobil berpenggerak roda depan.

"Mobil penggerak roda depan dan penggerak roda belakang, penggerak roda belakang lebih unggul untuk tanjakan. Itu alasannya," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (12/11/2023).

Baca juga: Transjakarta Siapkan 35 Unit Bus buat Penonton Piala Dunia U-17

Mobil mewah bekas operasional Blue Bird, Toyota Vellfire.Febri Ardani/KompasOtomotif Mobil mewah bekas operasional Blue Bird, Toyota Vellfire.

Jusri menjelaskan, dengan memutar posisi mobil jadi mundur artinya ban depan dipaksa jadi ban belakang. Roda yang tadinya menarik beban dialihkan menjadi mendorong mobil.

"Jadi dari penggerak roda depan dipurtar jadi roda belakang. Fenomena ini sering dilakukan pengemudi kesulitan ketika menanja karena permukaan jalan licin atau gravel dan curam," katanya.

Logikanya, gigi mundur punya rasio transmisi lebih besar dari gigi satu, makanya cara ini masuk akal dan sering dilakukan oleh mobil berpenggerak roda depan yang kesulitan menanjak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com