Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Grand Livina Hajar Gran Max dari Belakang di Exit Tol

Kompas.com - 09/11/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di dunia maya memperlihatkan kecelakaan tabrak belakang di gerbang tol. Mobil Nissan Grand Livina terlihat menabrak Daihatsu Gran Max di gerbang keluar atau exit tol.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, lowslow Indonesia, menyebutkan peristiwa terjadi pada Rabu (8/11/2023), dan berlokasi di Gerbang Exit Tol Prabumulih, Sumatera Selatan.

Baca juga: Ragam Pilihan Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta per November 2023

"Detik-detik mobil menyeruduk mobil di depannya di gerbang exit tol (Rabu 8/11/2023). Belum diketahui penyebab kecelakaan sampai video ini diupload," tulis keterangan video dikutip Kamis (9/11/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

 

Belum ada konfirmasi mengenai penyebab Grand Livina berjalan kencang dan terlihat tidak mengerem sama sekali waktu menabrak mobil di depannya.         

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, melihat video yang terjadi ada tiga kemungkinan yang terjadi pada mobil yang menabrak yaitu Gran Livina.

Baca juga: Umur Ban Vulkanisir Truk Tak Sampai Satu Caturwulan

 

Tarif Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi naik 11 November 2023JASA MARGA Tarif Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi naik 11 November 2023


"Kalau penyebabnya saya tidak paham, tapi ada tiga kemungkinan, pertama rem blong, kedua miss-komunikasi gerbang tol FLO dan yang ketiga yaitu tidak fokus," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (9/11/2023).

Namun di sisi lain kata Sony, kerap terjadi pengemudi berpindah-pindah mencari yang sepi di gerbang keluar tol. Hal ini bisa memperbesar kemungkinan tabrak belakang.

"Berpindah-pindah exit tol berisiko tabrak belakang. Sehingga pastikan juga tidak salah pilih gerbang dan berhenti di gerbang FLO," ujar Sony.

Penerapan one way di jalan tol diberlakukan hingga KM439 BawenKOMPAS.com/Dian Ade Permana Penerapan one way di jalan tol diberlakukan hingga KM439 Bawen

Baca juga: Penyerapan Subsidi Motor Listrik Lambat, Ini Saran Pengamat

"Kalau milih exit tol itu sesuai lajur dan jangan berpindah-pindah mencari yang sepi, karena dengan begitu kita tahu pengemudi yang ada di belakang kita bisa menjaga kecepatan dan jaga jarak atau tidak," katanya.

Adapun cara untuk menghindari tabrak belakang seperti yang terjadi di video ialah untuk pengemudi lebih sering mengecek kaca spion dan melihat kondisi mobil di belakang.

"Karena ini jalan tol yang kecepatannya konstan biasakan lihat ke kaca spion jika hendak mengurangi kecepatan sebelum gerbang untuk menghindari tabrak belakang," ujar Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com