Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Model Terlaris Hino, PO Putra Simas Tambah 2 Unit Bus Baru

Kompas.com - 06/11/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Putra Simalungun Atas yang merupakan Perusahaan Otobus (PO) Putra Simas, resmi menambah unitnya dengan meluncurkan dua bus baru.

Unit baru yang akan digunakan melewati medan menanjak dan berliku untuk rute Medan - Bengkulu tersebut, diserahkan langsung oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Kedua unit bus baru PO Putra Simas menggunakan Hino RM 280 ABS. Sementara untuk bodi, mengaplikasi Legacy SR3 XHD Prime Ultimate garapan karoseri Laksana.

Hino RM 280 ABS merupakan bus yang dirancang khusus untuk lintas Sumatera. Menggunakan dapur pacu 6 silinder, mesinnya diklaim bertenaga dan tangguh, serta dilengkapi overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow.

Baca juga: Bus AKAP PO Agra Mas Trayek Parung-Yogya, Ada Keberangkatan Sore

Keberadaan OCS akan menjaga kestabilan suhu mesin. Selain memiliki suspensi yang nyaman, bus ini juga telah memiliki fitur keselamatan yang lengkap, seperti anti-lock braking system (ABS).

Hino RM 280 ABSHMSI Hino RM 280 ABS

Penumpang juga akan dimanjakan dengan kursi yang memiliki leg rest dan reclining, plus jarak yang luas untuk kenyamanan kakai. Total, bus ini memiliki kapasitas 34 seat executive dengan konfigurasi 2-2.

Dengan sasis Hino Bus RM 280 space frame, sektor bagasi juga lebih luas dengan konsep tembus kiri kanan, sehingga dapa muat barang yang lebih besar, seperti sepeda motor.

"Kami sangat senang dapat menyerahkan 2 unit bus Hino RM 280 ABS kepada PO. Putra Simas. Kami yakin bahwa bus ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman bagi penumpang," ucap Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer – Director HMSI, dalam keterangan resminya, Minggu (5/11/2023).

PO. Putra Simas jadi PO pertama yang menggunakan bus Hino RM 280 ABS di Bengkulu. Model tersebut masuk dalam jajaran produk Euro4 Hino.

Baca juga: PO Tunggal Jaya Luncurkan Bus Pakai Livery AE86 Initial D

Hino RM 280 ABSHMSI Hino RM 280 ABS

RM 280 ABS diklaim jadi model terlaris sehingga berkontribusi lebih dari 50 persen bagi penjualan Hino Bus dibanding model lain.

Selain itu, produk ini juga mendominasi pangsa pasar Bus di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dengan capaian hingga 65 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com