Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan AHM Salurkan Beasiswa Senilai Rp 104,5 Juta

Kompas.com - 02/11/2023, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menyelenggarakan acara AHM Best Student 2023. Tercatat sebanyak 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi, mengikuti kompetisi ini.

Seleksi dilakukan secara bertahap, di tingkat provinsi hingga akhirnya terpilih 20 karya siswa terbaik yang bisa mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023.

AHM Best Student secara konsisten telah dijalankan sejak 2003. Kompetisi ini diharapkan melahirkan ide dan karya kreatif yang terus selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).

Baca juga: Cerita Perjuangan Tukang Ojek Beli Mobil Toyota Calya, Sempat Ditolak Diler

AHM Best Student kembali digelar pada 2023.Dok. AHM AHM Best Student kembali digelar pada 2023.

“Karya anak remaja ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat,” General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

“Harapan kami, AHM Best Student dapat menstimulasi lahirnya ide-ide kreatif generasi muda. Kami ingin melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas sekaligus peka dan peduli akan isu-isu yang ada di sekitarnya,” kata dia.

Ajang kompetisi ide dan kreativitas ini didukungYayasan Astra Honda Motor, melalui beasiswa dengan total Rp 104,5 juta bagi 20 Grand Finalis, dan juga apresiasi bagi guru pembimbingnya.

Kemudian, Astra Polytechnic turut menyiapkan beasiswa kuliah khusus bagi pemenang Kategori Invensi untuk biaya kuliah, dan dukungan biaya hidup selama 3 tahun senilai Rp 129 juta, serta Beasiswa Vokasi sebesar Rp 9 juta bagi level silver.

Baca juga: Sinar Jaya Rilis 2 Unit Bus Baru Mewah Pakai Body Skylander R2

Pemenang AHM Best Student (AHMBS)

AHM Best Student 2023 membagi ajang adu gagasan untuk anak setingkat SLTA ini dalam dua kategori, yakni ide dan invensi atau temuan.

Pada tahun ini, AHM mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Setelah proses seleksi regional pada Agustus dan dilanjutkan seleksi nasional pada bulan Oktober. AHM akhirnya menetapkan Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta sebagai juara di level gold untuk kategori ide.

Baca juga: Sinar Jaya Rilis 2 Unit Bus Baru Mewah Pakai Body Skylander R2

AHM Best Student 2023 mengunjungi pabrik motor Honda.Dok. AHM AHM Best Student 2023 mengunjungi pabrik motor Honda.

Ide kreatifnya berupa inovasi di bidang keamanan dalam proses transaksi keuangan menggunakan QR Code.

Sementara itu, untuk kategori invensi, Raditya Syarifatur Riyad dari SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur, berhasil menjadi yang terbaik level gold melalui karya alat penjernih air dengan tenaga surya.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk karya yang saya kembangkan. AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar,” ujar Raditya di sela-sela acara AHMBS (1/11/2023).

Baca juga: Alasan Motor Listrik Honda EM1 e: Dijual Mahal, Rp 40 Jutaan

AHM Best Student 2023 umumkan juara nasional di kawasan Sunter, Jakarta Utara, pada Rabu (11/3/2023).Dok. AHM AHM Best Student 2023 umumkan juara nasional di kawasan Sunter, Jakarta Utara, pada Rabu (11/3/2023).

“Inovasi ini hadir dari kegelisahan terhadap masalah ketersediaan air bersih di wilayah pesisir. Saya ingin mengembangkan lagi di masa mendatang,” kata dia.

Sebagai informasi, dua karya siswa ini mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan langsung masyarakat dengan menghasilkan sumber air bersih yang menggunakan energi alternatif pada kategori temuan.

Kemudian pada kategori ide, inovasi di bidang keamanan dalam proses transaksi keuangan menggunakan QR Code, mampu meningkatkan keamanan bertransaksi pada era digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com