Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Berencana Sediakan Beasiswa Khusus Pebalap Muda

Kompas.com - 25/10/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana membuat beasiswa baru, dikhususkan bagi muda-mudi berbakat dalam bidang olahraga motor.

Beasiswa ini akan dibuat dengan 2 tujuan, pertama, untuk memberi kesempatan dan memunculkan talenta generasi muda yang berbakat dalam bidang balap motor.

Kedua, beasiswa ini diharapkan mampu mengkatrol kualitas pebalap aseli Indonesia binaan negara, untuk berlaga di kancah Internasional.

Eddy Saputra, Deputy Head Kendaraan Roda Dua IMI, mengakui jika keberadaan beasiswa Nasional khusus atlet, khsusnya di ranah balap motor, dirasa masih kurang.

Baca juga: Video Viral Mobil Tua Pakai AC Rumah, Asli atau Gimik?

Eddy Saputra, Deputy Head Kendaraan Roda Dua IMI saat berbincang dengan Mario CSP dari SuperAdventureKompas.com/Daafa Alhaqqy Eddy Saputra, Deputy Head Kendaraan Roda Dua IMI saat berbincang dengan Mario CSP dari SuperAdventure

Dia menjelaskan, pihak IMI sendiri sudah mulai memberikan dukungan bagi generasi muda, yang tertarik dengan dunia balap motor, dalam bentuk pembinaan dan bimbingan.

“Pihak IMI selalu membimbing dan tidak membedakan cabor balap yang diminati oleh peserta. Mulai dari motoprix sampai indoprix, kami berikan bimbingan,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Selain itu, IMI juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak pabrikan, dan memantau langsung peserta di akademi binaan.

“Kami kerjasama juga dengan pabrikan seperti Honda dan Yamaha, dan mengawasi pelatihan balap mereka, dari kancah Nasional sampai Internasional,” ucapnya.

Baca juga: Panas Ekstrem, Pentingnya Perhatikan Tekanan Udara Pada Ban Mobil

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Herjun Atna Firdaus, menjadi pemenang kelas Asia Production 250cc (AP250) pada Asia Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (12/8/2023). Dok. Honda Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Herjun Atna Firdaus, menjadi pemenang kelas Asia Production 250cc (AP250) pada Asia Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (12/8/2023).

Eddy menambahkan, sejauh ini, peran yang bisa dilakukan oleh IMI hanya mengawasi, membimbing, dan membantu kelancaran agar pebalap muda bisa lancar berlaga.

Untuk ke depannya, diharapkan pemerintah bisa lebih memberikan atensi bagi talenta-talenta calon pebalap generasi baru, dalam hal pemberian beasiswa khusus atlet balap motor.

"Harus dikoordinasikan dengan banyak pihak, tapi jika memang itu (beasiswa atlet balap) bisa direalisasi, InsyaAllah akan kami upayakan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com