Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Para Pelaku Bisnis Pilih Truk Mitsubishi Canter

Kompas.com - 31/10/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

KUDUS, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso Canter menjadi salah satu merek kendaraan niaga yang mewarnai dunia otomotif di Indonesia. Bahkan, pengguna dari truk dengan julukan kepala kuning ini tersebar di berbagai wilayah Tanah Air. 

Antuasias para penggemar dari truk Canter juga turut membentuk lahirnya komunitas Canter Mania Indonesia Community (CMIC).

Toni, Pengurus Pusat Canter Mania Indonesia Community (CMIC) mengatakan, Canter punya keunggulan dimana punya layanan after sales yang sangat memudahkan para pelaku bisnis. Sehingga kendaraan mudah diperbaiki guna menunjang kebutuhan aktivitas pemiliknya. 

"Saya sudah mulai megang unit pertama Canter 1989, yang paling enak onderdil atau suku cadangnya mudah di dapatkan. Kalau suku cadangnya mudah ditemukan, pada saat unit mogok dan kena bagian vital, komponen yang dibutuhkan gampang di cari," kata Ton kepada Kompas.com di Kudus, Minggu (29/10/2023). 

Baca juga: Savart Siapkan Motor Listrik Lain, Lebih Murah dari S-1

Modiifkasi truk di Jamnas ke-10 CanterDOK. KTB Modiifkasi truk di Jamnas ke-10 Canter

Toni juga mengatakan, ada merek truk lain yang kalau alami kerusakan harus menunggu sampai dua mingu untuk mengirim suku cadang ke Surabaya. Hal ini tentunya akan menyulitkan para penggusaha yang membutuhkan kendaraan siap segera.

"Selain itu, harga jual tidak terlalu merosot, saya ada truk Canter tua. Saat di jual kembali bukannya buntung malah untung, untung 40 persen saat dijual karena dirawat," kata Tony. 

Dia juga menyebutkan, penyusutan harga Canter kalau baru dibeli biasanya 5-10 persen.  Namun kalau usianya lebih lima tahun malah untung.

"Sekarang keluar unit Euro4 ada yang masih nyari Euro2 karena harganya naik," kata Tony. 

Baca juga: Kenalan dengan Nissan Hyper Force di JMS 2023

Masih di tempat yang sama, Agus Jeblok, yang punya lima Canter mengatakan sudah turun menurun percaya produk truk dari Mitsubishi Fuso.

"Dari dulu sejak kecil sudah kenal Mitsubishi Fuso karena ayah saya pakai itu untuk bisnis ekspedisinya. Saya masih punya yang keluaran 2001 itu namanya belum Canter. Alasan pakai Canter lainnya karena sparepart mudah bisa ditemukan dimana-mana di pula. Kita jalan ke pulau jawa ke Sumatera banyak dimana saja ada," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com