Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Ekstrem Truk Mitsubishi Canter Jadi Hulk

Kompas.com - 31/10/2023, 13:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com- Truk hasil modifikasi biasanya selalu punya tampilan yang unik dan mencuri perhatian. Misalnya seperti truk dengan tema karakter superhero Hulk yang meramaikan acara Jambore Nasional (Jamnas) Canter Mania Indonesia Community (CMIC) ke 10 di Kudus, Jawa Tengah. 

Truk Canter keluaran 2018 tersebut dilengkapi dengan elektrik hidrolis, maka dari itu body kit pada bagian gril depan dan juga bodi samping bisa turun atau naik secara otomotis menggunakan tombol. 

Bima, dari Karoseri New Gembira yang mengerjakan modifikasi truk tersebut mengatakan, ini ini termasuk modifikasi ekstrem lantaran hampir melakukan rombak total. 

"Ini yang punya itu pengusaha asal Cepu, Sehari-harinya dipakai untuk berkerja angkut buah. Karakter Hulk sendiri dipilih atas permintaan pemiliknya. Yang jelas bagian depannya menggunakan konsep truk Scania, sementara itu bagian samping dan juga belakang pakai konsep ala-ala Lamborghini," kata Bima kepada Kompas.com di Kudus (29/10/2023). 

Baca juga: Toyota Akui Belum Berhasil Pasarkan Mobil Hidrogen

Lantaran bagian fasia depan pakai konsep Scania, pilar truk Canter dibuat lebih tegak dan bagian kabin ditinggikan sekitar 15 cm. 

Sementara itu, untuk penyematan fitur body kit depan dan samping truk berfungsi untuk menyesuaikan medan jalan. Sehingga, pada saat truk melintasi jalan yang ekstrem bisa dibuat lebih naik  tanpa mengubah suspensi. 

"Tujuannya lakukan modifikasi ini karena kita punya medan jalan yang berbeda-beda. Kalau kita melintasi jalan jelek dan truk terlihat ceper akan kita angkat bagian body kit ini menggunakan remot," kata Bima. 

Kabin truk modifikasi tema HulkKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin truk modifikasi tema Hulk

Baca juga: Tanpa Motor Listrik, Ini Produk Terlaris Honda di Pameran IMOS 2023

Ubahan lainnya yakni pelek yang juga di ganti jadi krom. Kemudian pada bagian kabin juga dirancang meriah dengan konsep seperti ruang disko. Maka dari itu kabin truk tampil dengan warna meriah, tidak lupa ada juga lampu disko dan juga subwoofer.

Bima mengatakan untuk pengerjaan modifikasi truk mencolok dengan warna hijau tersebut dilakukan pada 2019-2020. 

"Terkait anggaran, budjet yang digelontorkan hampir sekitar Rp 170 juta," kata Bima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com