Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos LCR Honda Bicara Soal Sedikitnya Pebalap Asia di MotoGP

Kompas.com - 31/10/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LCR Honda Idemitsu menjadi satu-satunya tim MotoGP yang memiliki pebalap dari Asia, yakni Takaaki Nakagami. Bahkan pebalap dengan nomor start 30 itu akan lanjut di musim 2024.

Bicara soal pebalap Asia, pemilik Tim LCR Honda Lucio Cecchinello mengatakan, Asia memiliki banyak negara berkembang. Makanya, budaya balap motor atau mobil tidak terlalu tinggi seperti di negara Eropa.

"Honda memilih untuk investasi, membuat program balap, memberi kesempatan untuk pebalap berbakat," kata Lucio kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Peluang Skutik Retro Honda Giorno Meluncur di Indonesia

Mario Suryo Aji naik ke Moto2 untuk musim 2024 bersama Honda Team Asia dan akan menjadi rekan setim Somkiat ChantraDok. Honda Team Asia Mario Suryo Aji naik ke Moto2 untuk musim 2024 bersama Honda Team Asia dan akan menjadi rekan setim Somkiat Chantra

Makanya, ada LCR Honda Idemitsu untuk melengkapi program balap yang sudah disediakan Honda dari Asia Talent Cup, Moto3, dan Moto2. Selain itu, Asia juga punya peran penting di penjualan motor secara global.

"Semua pasar seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, India, China, dan negara lain tentu sangat penting. Mereka mau support racing program dan buat Asia Talent Cup didedikasikan mendukung pebalap dari Asia," kata Lucio.

Baca juga: Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan


Soal pemilihan pebalap di LCR Honda Idemitsu, diserahkan kepada Honda dan LCR mendukung secara struktur tim. Memang saat ini Nakagami masih jadi pebalap yang dipercaya mengisi tempat tersebut.

"Ke depan tentu kita siap mendukung semua pebalap dari Asia. Saya lihat pebalap jepang Ai Ogura punya kesempatan, begitu juga pebalap Thailand seperti Somkiat Chantra," ucap Lucio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com