Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otomatisasi Teknologi dan Keahlian Manusia Menyatu di Isuzu Fujisawa Jepang

Kompas.com - 27/10/2023, 15:22 WIB
Wisnu Nugroho,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KANAGAWA, KOMPAS.com - Di sela-sela Japan Mobility Show (JMS) 2023, kami mendapat kesempatan mengunjungi pabrik Isuzu di Fujisawa Plant yang berlokasi di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang.

Dari Tokyo, perjalanan darat menggunakan bus ditempuh sekitar 1 jam 15 menit tanpa kemacetan di suhu udara sekitar 20 derajat celsius dan langit yang cerah membiru.

Isuzu Fujisawa Plant beroperasi sejak 1962 ini konsisten memproduksi kendaraan light, medium hingga heavy-duty truck. Paduan teknologi canggih dengan keahlian sumber daya manusia mampu menghasilkan produk berkualitas yang diklaim ramah lingkungan.

Dalam kawasan yang hening dan hijau ini, terdapat fasilitas riset dan pengembangan Isuzu. Dengan riset dan pengembangan, Fujisawa Plant menjadi pusat pengembangan model-model baru Isuzu.

Baca juga: Ini Tantangan Daihatsu Jual Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia

Isuzu 117 Coupe menyambut pengunjung yang datang di Isuzu Plaza (Museum Isuzu) di kawasan Fukusiwa Plant yang berlokasi di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang, Kamis (26/10/2023).KOMPAS.com/Wisnu Nugroho Isuzu 117 Coupe menyambut pengunjung yang datang di Isuzu Plaza (Museum Isuzu) di kawasan Fukusiwa Plant yang berlokasi di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang, Kamis (26/10/2023).

“Berbagai gagasan dan konsep kendaraan niaga Isuzu untuk masa depan lahir di sini karena dukungan pusat riset dan pengembangan ini,” ujar Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Internasional (IAMI) Yuzak Kristian di Fujisawa, Kamis (26/10/2023).

Saat kunjungan, rombongan disambut Kijima, Vice President, Manufacturing Division Fujisawa Plant sebelum berkeliling ke Isuzu Plaza atau museum Isuzu tempat perjalanan Isuzu sejak 1916 sampai saat ini.

Isuzu Fujisawa Plant merupakan pabrik tertua yang jadi bagian terpenting bagi Isuzu global untuk memasarkan produk ke lebih dari 150 negara. Dengan sebaran itu, Isuzu memuncaki pangsa pasar di 45 negara pada tahun 2021.

Dengan luas lebih dari 100 hektar dan didukung 8.719 tenaga kerja, Isuzu Fujisawa Plant memproduksi 300.000 unit (2022) dan diperkirakan menjadi 314.000 unit pada tahun 2023 ini.

Baca juga: Minat Suzuki Burgman Street 125 EX, Cek Skema Kreditnya

Dari total angka produksi tersebut, setidaknya terdapat 2.500 tipe kendaraan yang diproduksi.

“Sinergi antara penggunaan teknologi terkini dan sumber daya manusia yang handal menjadi kunci dari keberhasilan Isuzu Fujisawa Plant,” ujar Yuzak.

Penggunaan Robot

Tak kurang dari 95 persen proses welding di Isuzu dikerjakan robot. Final assembly dan inspection tetap diserahkan ke manusia. DOK. ISUZU Tak kurang dari 95 persen proses welding di Isuzu dikerjakan robot. Final assembly dan inspection tetap diserahkan ke manusia.

Tak kurang dari 95 persen proses welding dikerjakan robot. Untuk memberikan kualitas prima, keahlian dan kejelian pekerja tetap diperlukan seperti saat final assembly dan inspection.

Demi kualitas kerja pekerja, Isuzu mengedepankan nilai Isuzu Monozukuri (IM). Nilai ini menjadi mindset pekerja bahwa dalam proses produksi, tidak ada satu pun langkah berisiko sehingga menghasilkan cacat produksi atau defect.

Karena kontribusinya di industri otomotif lebih dari 100 tahun, Isuzu menjadi merek teratas khususnya di segmen kendaraan niaga.

Awal mulanya, Isuzu merupakan perusahaan galangan kapal yang bermitra dengan berbagai perusahaan yaitu Tokyo Ishikawajima Ship-Building dan Engineering Co., Ltd dan Serta Tokyo Gas and Electric Industrial Co.

Baca juga: Truk Ramah Lingkungan Isuzu Melantai di Japan Mobility Show 2023

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com