Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Motor Listrik Suzuki di Indonesia Menunggu Jepang dan India

Kompas.com - 27/10/2023, 07:02 WIB
Agung Kurniawan

Editor

TOKYO, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales baru saja meluncurkan Burgman Street 125 EX pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023.

Sementara di Japan Mobility Show (JMS) 2023, Suzuki Motor Corporation telah memajang e-Burgman, motor listrik yang siap dipasarkan dalam waktu dekat.

Lantas, kapan e-Burgman meluncur di Indonesia? Mengingat pasar motor listrik di dalam negeri mulai tumbuh ditandai dengan munculnya beragam produk.

Dari anggota AISI misalnya, Astra Honda Motor telah merilis motor listrik Honda EM1 e: yang mengusung Mobile Power Pack e:, teknologi swap baterai, yang pada dasarnya serupa dengan yang dipakai e-Burgman di Jepang.

Baca juga: Intip Bus Pariwisata Premium Big Bird, Mirip Kabin Pesawat

 

Suzuki Burgman Street 125 EXKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Burgman Street 125 EX

“Soal EV, kami memantau pasar di RI bagaimana, seperti infrastruktur, konsumennya bagaimana, terus aturan pemerintahnya bagaimana,” ujar Kinji Saito, Director and Senior Managing Officer Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation di Jepang (25/10/2023).

“Kita juga pertimbangkan motor listrik berbasis baterai. Pertama-tama dari Jepang dan India,” kata Saito.

Melihat tampilannya, sekilas kedua motor tampak mirip. Namun antara Burgman Street 125 EX dan e-Burgman memiliki perbedaan dari sisi dapur pacu.

Baca juga: Orang Jepang Pilih Mobil Hybrid karena Lebih Realistis

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo motor listrik e-Burgman sebesar 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 Tk sampai 5,3 Tk.

Torsinya ada di angka 18 Nm dan punya jarak tempuh 44 Km kalau dikendarai konstan pada kecepatan 60 Kpj.

Adapun buat Burgman Street 125 EX mengusung mesin 125 cc yang mampu hasilkan tenaga 8,6 Tk pada 6.500 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm. Suzuki turut mengklaim konsumsi BBM Burgman Street 125 EX bisa mencapai 56,8 Km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com