Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pemkot Bogor Antisipasi Macet karena Parkir Liar

Kompas.com - 24/10/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kota Bogor kalau diperhatikan akhir-akhir ini sering mengalami kemacetan. Salah satu penyebabnya adalah maraknya aksi parkir liar di badan jalan, membuat lalu lintas terhambat.

Salah satu wilayah yang rawan macet karena adanya parkir liar seperti di Air Mancur, Yasmin, dan sepanjang Jalan Pajajaran. Tidak terlepas hari apa, kemacetan bisa terjadi kapan saja, bukan cuma akhir pekan.

Dimas Tiko Prahadisasongko, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor mengatakan, Pemerintah Kota Bogor sudah membuat tim tangkas yang mengatasi masalah ketertiban dan ketenteraman umum.

Baca juga: Rute Bus Uncal Bogor, Wisata Gratis di Akhir Pekan

Parkir liar di depan Kopi Nako Yasmin Bogor KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Parkir liar di depan Kopi Nako Yasmin Bogor

"Tim tangkas garis besarnya itu tentang parkir liar, pedagang kaki lima, sampah, termasuk keindahan kota. Jadi dia itu multi," kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (23/10/2023).

Kalau misal ada kasus mobil parkir di rambu P coret, maka langkah pertamanya adalah dengan mencari pemiliknya. Nanti disampaikan himbauan, mobilnya parkir di tempat yang salah dan harus dipindahkan.

"Kalau tidak ada (pemiliknya), kita lakukan upaya pengempisan roda kendaraan," kata Dimas.

Baca juga: Cerita Konsumen Jual Ford Fiesta padahal Baru Pakai Seminggu


Ke depan, tim tangkas akan melibatkan Satlantas Polresta Bogor Kota untuk mengurai bersama soal parkir liar. Nantinya bisa ada penilangan pada pelaku parkir liar dengan aturan yang berlaku.

Bukan itu saja, pihak Dinas Perhubungan Kota Bogor berencana lakukan pemetaan, ke mana saja banyaknya mobil ini. Nantinya, disampaikan ke pelaku usaha, memperlihatkan lokasi parkir yang terdekat.

"Nanti disampaikan ke pelaku usaha, karena ini ramai, coba cari kantung parkir terdekat, ke mana di arahkannya," kata Dimas.

Terakhir, pihaknya masih harus mengoptimalkan pengawasan dan pengendalian lalu lintas. Mengingat sampai sekarang masih saja ada parkir liar yang menyebabkan macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com