Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Dashcam di Mobil Tidak Harus Mahal

Kompas.com - 23/10/2023, 19:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebagian konsumen masih beranggapan jika dashcam alias kamera mobil merupakan aksesori premium dan banderolnya mahal, anggapan ini sebenarnya keliru.

Ternyata, produk-produk kamera mobil saat ini sudah bisa didapat dengan harga terjangkau, bahkan di bawah Rp 1 jutaan.

Jika dibandingkan dari segi keamanan dan kenyaman yang ditawarkan, dashcam seharga ratusan ribu tentunya murah meriah dan sangat dianjurkan bagi semua pemilik mobil.

Tedy Junaidi, Owner Bengkel Spesialis Niki Motor menjelaskan, dashcam mobil saat ini bisa dianggap sebagai satu aksesori wajib yang harus dimiliki oleh semua pengendara.

Baca juga: Jangan Pernah Tambah Air Radiator Saat Mesin Masih Overheat

Dashcam terbaru lansiran Blackvue, dilengkapi 3 kamera, GPS, dan blackbox untuk mengamankan rekaman Kompas.com/Daafa Alhaqqy Dashcam terbaru lansiran Blackvue, dilengkapi 3 kamera, GPS, dan blackbox untuk mengamankan rekaman

“Bicara dari segi safety ya, dashcam itu bisa dibilang sudah wajib buat sekarang ini. Apalagi arus lalu lintas semakin padat, orang semakin sering mobile juga,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Senin (23/10/2023).

Dia menjelaskan, opsi dashcam yang tersedia di pasaran saat ini sudah cukup banyak. Konsumen bisa menyesuaikan bujet dengan kebutuhan.

“Intinya kalau dashcam ya fungsinya merekam, semuanya sama. Cuma kalau semakin mahal harganya, semakin banyak pula fiturnya,” kata dia.

Bengkel milik Tedy juga sudah menyediakan opsi pemasangan dashcam jenis plug and play, dengan banderol mulai dari Rp 600.000 sekaligus pemasangan.

Baca juga: Waktu yang Tepat Memindahkan Tuas Transmisi Matik ke Gigi Rendah

Peristiwa kecelakaan tiga mobil terjadi di Jalan Tol MBZ KM 26B arah Jakarta, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin (9/10/2023). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.Bidikan layar Instagram @jakarta.terkini Peristiwa kecelakaan tiga mobil terjadi di Jalan Tol MBZ KM 26B arah Jakarta, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin (9/10/2023). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

Untuk diketahui, penggunaan dashcam sangat dianjurkan oleh Kepolisian karena dinilai bermafaat, khususnya pada situasi kecelakaan lalu lintas.

Data rekaman dashcam bisa dijadikan barang bukti, apabila pengendara mengalami situasi kurang mengenakkan seperti konflik akibat laka lantas, seperti kasus tabrak lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com