Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Akan Pamerkan Konsep Setir Masa Depan

Kompas.com - 23/10/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Japan Mobility Show 2023 tidak hanya akan memamerkan mobil konsep. Namun, ada juga inovasi teknologi lainnya, seperti yang akan Toyota tampilkan, yakni konsep setir masa depan.

Dikutip dari Global.toyota, Minggu (22/10/2023), Toyota akan memamerkan inovasi teknologi yang diberi nama dengan "Neo Steer". Bentuk setirnya jelas tidak seperti setir konvensional mobil pada umumnya.

Baca juga: Toyota Rangga Akan Hadir pada Japan Mobility Show 2023

Desainnya mirip dengan yoke steer, seperti setir yang digunakan pada bZ4X atau Lexus RZ BEV untuk pasar Amerika. Tapi, lebih banyak lagi fitur yang disematkan pada setir tersebut.

Setir model yoke pada Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Setir model yoke pada Toyota bZ4X

Pada setir tersebut terdapat tuas untuk akselerasi dan juga rem. Dengan bentuknya yang seperti itu, Toyota menyebutkan pengemudi akan mendapatkan bidang pandang yang luas.

Sehingga, memberikan ruang kaki yang lebih leluasa. Selain itu, posisi mengemudi yang ditawarkan juga tidak terbatas, serta akses masuk dan keluar yang mulus.

Baca juga: Mazda MX-5 EV Mau Hadir di Japan Mobility Show 2023

"Konsep kokpit baru yang didasarkan pada setang sepeda motor, mengintegrasikan fungsi pedal gas dan rem ke dalam roda kemudi," tulis Toyota, dalam keterangan resminya.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Mobil listrik Toyota bZ4X

Dengan fungsi akselerasi dan pengereman berada di dalam genggaman, Toyota menyebutkan bahwa konsep Neo Steer akan lebih bersahabat dengan pengemudi yang memiliki keterbatasan pada anggota tubuh bagian bawah.

Belum diketahui fungsi apa lagi yang bisa ditawarkan oleh konsep Neo Steer ini. Detailnya akan diungkapkan oleh Toyota pada Japan Mobility Show 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com