Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Kredit Motor FIF Semester I–2023 Tembus Rp 13 Triliun

Kompas.com - 19/10/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada periode Januari hingga Agustus 2023, volume penjualan sepeda motor domestik mencapai 4,2 juta unit, naik sebesar 35,95 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Sejalan dengan peningkatan penjualan motor, tren pembiayaan motor diklaim juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Sama sebenarnya, secara porsi pembiayaan juga mengalami kenaikan. Jadi kalau tahun lalu itu pembiayaan secara kredit itu di angka 56-57 persen, tahun ini sudah lebih dari 45 persen secara porsi penjualan sepeda motor Honda,” ujar Daniel Hartono, Chief Marketing Officer FIFGROUP, di Jakarta (18/10/2023).

Baca juga: Update Soal Ganjil Genap Khusus Motor di DKI Jakarta

Booth Honda di IIMS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Honda di IIMS 2023

Daniel menjelaskan, penyaluran kredit motor melalui FIFASTRA pada semester I–2022 mencapai lebih dari dari Rp 9,4 triliun.

Sementara pada periode yang sama tahun ini perolehannya meningkat jadi Rp 13,7 triliun atau naik 46,3 persen.

“Kalau secara keseluruhan meningkat 37 persen, tapi khusus yang motornya itu di angka 46,3 persen. Sampai akhir tahun itu kita total pembiayaan pengin di angka month financing, di angka Rp 37,89 triliun tahun ini,” ucap Daniel.

Baca juga: Resmi, Kendaraan Modifikasi Legal Beroperasi di Jalan

Selain itu, FIFGROUP juga menargetkan peningkatan penyaluran kredit motor di pameran IMOS 2023, yang berlangsung 25-29 Oktober mendatang.

Sebagai platinum sponsor, FIFGROUP berharap kontribusi tersebut dapat memacu perkembangan industri sepeda motor dan industri keuangan di Indonesia agar terus bertumbuh.

“Jadi tahun lalu itu di IMOS sebelumnya kita Rp 5 miliar, di tahun ini target kita Rp 5,75 miliar. Jadi ada kenaikan sekitar Rp 750 juta di tahun ini,” kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com