Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Unit Bus Milik PO Sahabat Terbakar di Garasi Cirebon

Kompas.com - 19/10/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kebakaran  baru saja terjadi menimpa perusahaan otobus (PO) Sahabat di garasi, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (18/10/ 2023).

Pada peristiwa ini, sebanyak lima unit bus dilaporkan hangus terbakar oleh kobaran api yang sangat besar. Bahkan kejadian ini terekam pada cuplikan video yang diunggah oleh Instagram @videobusindonesia_.

Bencana ini diduga terjadi akibat korsleting pada salah satu bus yang sedang diperbaiki. Akibatnya tibul percikan api yang membesar dan merembet pada bus lain yang ada di sebelahnya.

Namun, belum diketahui pula bus  yang terbakar adalah divisi bus pariwisata atau bus AKDP. Sejumlah personel pemadam langsung segera memadamkan api di lokasi kejadian. 

Baca juga: FIF Targetkan Kredit Motor di IMOS 2023 Tembus Rp 5,75 Miliar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Video Bus Indonesia (@videobusindonesia_)

Baca juga: Toyota Bakal Tingkatkan TKDN Kendaraan Elektrifikasi

"Konsleting listrik memang jadi salah satu penyebab kasus kebakaran yang menimpa kendaraan, begitu juga pada bus. Kalau kobaran apinya sudah besar seperti ini tidak bisa hanya sekedar menggunakan air saja, harus dicampur dengan foam. Kemudian harus fokus  disemprotkan ke area sensitif, yakni tangki solar," kata Eko salah satu petugas Damkar Pasar Minggu kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

Sekedar informasi, PO Sahabat berada telah beroperasi sejak 1970. Saat ini, PO Sahabat  melayani bus ke sejumlah rute dari beberapa wilayah menuju Cirebon, Jawa Barat. Tidak hanya itu, ada juga divisi pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com