Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kecelakaan Mobil Listrik Mercedes-Benz di Tol JORR, Tenaga Mobil Listrik Itu Instan

Kompas.com - 21/06/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil sedan listrik mewah Mercedes-Benz EQE dilaporkan mengalami kecelakaan lalu lintas di ruas Tol JORR tepatnya di dekat gerbang tol Ciputat 2, pada Rabu (21/6/2023).

Berdasarkan laporan, pengendara Mercedes-Benz tersebut diduga kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan. Kejadian berlangsung pada pukul 06.15 WIB.

“Terjadi kecelakaan tunggal sebuah sedan mengalami out of control pagi hari ini sekitar pukul 06.15 WIB di Tol JORR dekat GT. Ciputat 2 Km. 18. Kecelakaan sudah dalam penanganan petugas Polri dan PT. Jasa Marga,” tulis keterangan akun Instagram @TMCpoldametro.

Baca juga: Absen di MotoGP Belanda, Joan Mir Digantikan Iker Lecuona

Kecelakaan akibat sopir hilang kendali cukup banyak. Faktor utama karena tidak menguasai atau mengetahui seberapa besar tenaga mobil yang dikemudikan, terlebih mobil listrik yang memiliki torsi instan.

Memahami karakter kendaraan, menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) sangat penting, karena bisa tahu handling dan kecepatan dari mobil itu sendiri.

Mercedes-Benz EQEKompas.com/Nanda Mercedes-Benz EQE

“Jadi setiap pengemudi itu, bukan hanya yang membawa mobil super, tetapi semuanya harus paham, pertama wajib mengetahui berapa tenaga mobil yang dikemudikan. Kedua, kenali karakter handling, dan terakhir pelajari sistem pengeremannya,” ucap Jusri.

Bicara soal mobil, unit tersebut merupakan mobil listrik murni Mercedes-Benz EQE yang diluncurkan akhir tahun lalu.

Baca juga: Konsep Motor Listrik Nuen dari Vietnam, Gaya Street Fighter Futuristis

Mercedes-Benz EQE dibekali baterai berkapasitas 90 kWh, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 292 hp dan torsi 565 Nm. Mobil tersebut dapat terisi dari 10-80 persen dengan waktu sekitar 10 jam menggunakan charging dengan tipe AC, dan 45 menit menggunakan fast charging.

Soal jarak tempuh, sedan listrik Mercy ini diklaim bisa menempuh jarak hingga 673 km. Sedangkan untuk harga, Mercedes-Benz EQE dibanderol Rp 2,215 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com