Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Sport Puji Adanya SPKLU di MotoGP Mandalika 2023

Kompas.com - 15/10/2023, 13:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mempopulerkan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alat transportasi harian, PT PLN (Persero) menghadirkan lima Stasiun Pengisian Kendaaan Listrik Umum (SPKLU) selama gelaran MotoGP Mandalika 2023.

Dengan langkah tersebut diharapkan masyarakat jadi semakin teredukasi dan tertarik untuk mulai memakai kendaraan listrik. Sehingga target netralitas karbon alias Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada 2060 mendatang bisa tercapai.

Upaya ini lantas mendapatkan respons baik dari pihak Dorna Spot selaku penyelenggara MotoGP. Mengingat, beberapa kru juga memakai kendaraan listrik untuk memudahkan mobilitas selama gelaran terkait.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terbakar

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN, sudah mendukung fast charging CCS-2Kompas.com/Daafa Alhaqqy Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN, sudah mendukung fast charging CCS-2

"Saya sangat senang dengan PLN. Fasilitas fast charging yang disediakan sangat baik dan cepat, terima kaish," kata salah satu kru Dorna Sport, Jose Maroto dalam keterangan pers, Minggu (15/10/2023).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pun senang atas respons positif tersebut. Ia berharap kondisi serupa tidak hanya dialami oleh kru MotoGP, tapi masyarakat luas yang juga menggunakan kendaraan listrik untuk menonton gelaran MotoGP Mandalika 2023.

"Kami selalu berupaya untuk mendukung teknologi ramah lingkungan dan mobilitas yang lebih bersih. SPKLU pada MotoGP Mandalika 2023 merupakan upaya dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik sekaligus menciptakan infrastruktur pengisian yang terjangkau dan mudah diakses," katanya.

Baca juga: Diduga Sopir Baru Belajar, Avanza Ini Ringsek Tabrak Pohon

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan, terdapat lima unit SPKLU yang dipasang di sekitar Sirkuit Mandalika. Sebanyak dua unit SPKLU merupakan unit eksisting dan tiga unit merupakan SPKLU mobile.

PLN juga menyediakan petugas siaga pada setiap SPKLU untuk membantu pengguna kendaraan listrik melakukan pengisian daya.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat untuk lancarnya gelaran MotoGP ini. Kami berharap ajang kelas dunia di Nusa Tenggara Barat ini dapat berjalan lancar dan suplai listrik berlangsung andal," ujar Djarwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com