Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Rem Blong, X-Trail Tabrak Xpander dan Seruduk Kaca Mal di MOI

Kompas.com - 15/10/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil mengalami kecelakaan di gedung parkir salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta Utara.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram Seputar Sunter, memperlihatkan bagian belakang mobil Mitsubishi Xpander menabrak kaca hingga masuk ke dalam area Mall of Indonesia (MOI).

Diketahui, mobil Xpander yang sedang dalam kondisi parkir tersebut ditabrak oleh Nissan X-Trail hingga memecahkan kaca mall.

Benturan yang cukup keras membuat menimbulkan kerugian besar, tak hanya mobil Xpander yang ditabrak, namun juga kaca mall yang rusak.

Baca juga: Merek Mobil Terlaris di Indonesia September 2023

Beruntungnya kecelakaan tersebut tidak menyebabkan mobil bablas hingga terjun ke lantai bawah, sebab jika dilihat dari potret yang beredar, posisi mobil Xpander berada tak jauh dari tiang penyangga dan eskalator.

Berdasarkan pengakuan pemilik mobil X-Trail, pengunjung sekitar mendengar bahwa pelaku yang menabrak mengalami rem blong pada mobilnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEPUTAR SUNTER (@seputar.sunter)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jika melihat kondisi benturan, besar kemungkinan mobil tersebut dalam kecepatan tinggi. Bisa juga karena salah injak pedal gas atau manuver yang agresif.

“Rem tidak mungkin tiba-tiba blong, pasti ada tanda-tanda di awal, dan antisipasinya adalah kecepatan yang pelan dan terukur,” ucap Sony, kepada Kompas.com, Minggu (15/10/2023).

Baca juga: Harga Lampu Mercy dan BMW Copotan

Sony melanjutkan, setiap pengemudi harus melihat kondisi lingkungan sekitar, hal ini berkaitan dengan keputusan pengemudi dalam menentukan kecepatan.

“Di area parkir, mal, perumahan, biasakan kaki kanan standby di depan pedal rem, karena tidak dibutuhkan kecepatan. Cukup lepas pedal rem maka kendaraan akan meluncur pelan,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com