Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chopper Yamaha Scorpio, Pernah Ditegur Polisi karena Terlalu Modifikasi

Kompas.com - 08/10/2023, 12:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kustomfest 2023 berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 7 - 8 Oktober 2023 di Jogja Expo Centre (JEC). Festival ini menyuguhkan beragam motor dan mobil kustom dari peserta dan tamu spesial.

Adapun jumlah peserta Kustomfest 2023 kali ini lebih sedikit daripada tahun kemarin yakni ada 140 motor dan 30 mobil kustom yang bisa pengunjung nikmati berkat adanya seleksi yang lebih ketat.

Okky Adam Saputra, Peserta Kustomfest 2023 bersyukur bisa lolos seleksi hingga akhirnya motor kustom miliknya bisa mejeng di dalam area pameran Kustomfest untuk dinilai hari ini oleh dewan juri.

Baca juga: Sri Sultan Hamengkubuwono X Buka Kustomfest Retro Future 2023

“Menang adalah bonus, yang terpenting saya bisa ikut tampil sebagai peserta, motor yang dibangun bisa mejeng di sebuah pameran dan dilihat oleh banyak orang, itu sudah kebanggaan tersendiri buat saya,” ucap Okky Adam kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

Pria yang juga seorang konten kreator dengan akun Instagram @okkyadam ini mengaku sebagai pegiat kustom motor sekadar menjalani hobinya. Berkat kecintaan terhadap kegiatan kustom akhirnya terciptalah chopper dengan mesin Yamaha Scorpio 225 cc.

Meski tidak memiliki bengkel sendiri, Adam tetap bisa menyalurkan kreativitasnya dalam kustom motor dengan bekerja sama dengan banyak bengkel di kotanya, Cipadu, Larangan Kota Tangerang.

Baca juga: Toyota Crown Flat Deck Gagak Rimang, Jadi Lucky Draw Kustomfest 2023

Salah satu chopper milik peserta Kustomfest 2023 dari Cipadu.Kompas.com/Erwin Setiawan Salah satu chopper milik peserta Kustomfest 2023 dari Cipadu.

“Total ada sembilan bengkel yang sudah menemani saya dalam membangun motor ini, Chopper Suyatmi namanya, dia merupakan motor yang dibangun dengan sepenuh hati, motor kustom impian,” ucap Adam.

Lewat karyanya tersebut, Adams ingin menyampaikan sekaligus mengajak kepada semua pecinta motor kustom untuk tidak berkecil hati meski memiliki dana terbatas.

Kustom motor baginya merupakan aktivitas yang menyenangkan karena bisa menyalurkan imajinasi dalam bentuk karya nyata.

“Dulu sejak masih jadi anak-anak, saya mempunyai mimpi mau punya motor chopper yang keren, tapi karena punyanya ini, akhirnya motor Yamaha Scorpio pun disulap menjadi motor chopper layaknya motor kustom bermesin besar dari Amerika,” ucap Adam.

Baca juga: Ragam Kegiatan Kustomfest 2023 di Jogja

Lantas, Adam melakukan konsultasi ke bengkel-bengkel terdekat, sekaligus membuat konten di akun YouTube-nya @okkyadams. Dia mengedukasi bagaimana bagusnya mendesain sebuah motor mulai dari bentuk, pilihan warna dan seterusnya.

Meski motor kustom dengan ubahan desain hampir keseluruhan, motor tersebut tetap menjadi motor harian untuk touring ke beberapa kota karena selain bisa, nyaman dan tampilannya keren, konsumsi BBM masih dalam kategori wajar.

“Sudah tiga tahunan motor tersebut digunakan, menemani saya ke mana-mana, waktu itu membangun motor ini butuh waktu 3 bulanan, mulanya memang disiapkan untuk bisa ikut kontes,” ucap Adam.

Baca juga: Kustomfest Memasuki Usia Ke-12, Jadi Budaya Modifikasi Indonesia

Mesin Yamaha Scorpio 225 cc dipasang pada copper kustomKompas.com/Erwin Setiawan Mesin Yamaha Scorpio 225 cc dipasang pada copper kustom

Adam mengatakan meski sudah dimodifikasi ekstrem, motor tersebut tetap irit bahan bakar saat digunakan. Sudah menjadi hal wajar akan terjadi penambahan bobot kendaraan saat kustom.

“Mesin standar Scorpio dengan satu liter bensin bisa menempuh jarak 20 Km, nah khusus untuk motor ini karena kustom kira-kira seliter masih bisa menempuh 15 Km, termasuk irit lah,” ucap Adam.

Hanya saja, berdasarkan pengalaman Adam motor kustom dengan genre chopper bisa terkena tilang karena saat ini regulasi untuk motor-motor tersebut tidak ada kejelasan. Adams sendiri mengaku pernah dapat teguran dari pihak polisi.

Baca juga: Beli Tiket Masuk Kustomfest 2023 Bisa di Lokasi, Ada Aturan Baru

“Saat itu pernah ditegur, kata pak polisi motor saya terlalu dimodifikasi, setelah diedukasi dan respons saya yang kooperatif akhirnya ya aman, ini menjadi catatan sebenarnya kepada pemerintah untuk melindungi kreatifitas anak bangsa, jadi harapan saya kedepan ada regulasi khusus,” ucap Adam.

Saat ditanya apakah motor tersebut akan dijual, Dia mengaku saat ini motor tersebut sempat ditawar dengan harga cukup tinggi, hanya saja belum cocok sehingga tidak dilepas. Terkait nominalnya Adam meminta untuk tidak diberitakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com