Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik Mercedes-Benz eActros 600 Punya Teknologi AVAS

Kompas.com - 11/10/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk listrik versi truk jarak jauh resmi diluncurkan oleh Mercedes-Benz Trucks. Peluncuran perdana eActros 600 berlangsung di Break Autohof Hamburg Nordheide, Jerman, Selasa (10/10/2023). 

Penjualan kendaraan niaga listrik akan dimulai tahun ini, namun produksi dijadwalkan akan dimulai akhir 2024.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, mengatakan, eActros 600 akan mewakili transformasi transportasi angkutan barang di jalan raya menuju netralitas CO2.

"Truk ini dilengkapi dengan teknologi penggerak yang sangat inovatif, yang menawarkan efisiensi energi yang sangat tinggi kepada pelanggan kami, dan dengan demikian juga menawarkan profitabilitas. Hal ini membuat e-mobilitas semakin menarik bagi operator armada," dikutip dari keterangan resmi, Rabu (11/10/2023).

Baca juga: Wuling Menambah Diler Baru di Jawa Tengah

Secara spesifikasi, Mercedes-Benz Trucks telah mengembangkan dua PTO untuk truk listrik eActros 600. PTO elektromekanis memungkinkan dioperasikannya peralatan hidraulik atau mekanis seperti tipper, lantai geser, atau trailer silase.

Solusi lain adalah PTO DC/AC listrik, yakni inverter yang mengubah arus searah dari jaringan tegangan tinggi menjadi arus bolak-balik. Hal ini memungkinkan untuk mengoperasikan bodi berpendingin atau semi-trailer berpendingin.

Dengan semua teknologi ini, eActros menawarkan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah, sehingga nyaman digunakan di daerah perkotaan dan perumahan.

eActros 600 Sattelzugmaschine 

eActros 600 Sattelzugmaschine Daimler Truck Global Communicati eActros 600 Sattelzugmaschine eActros 600 Sattelzugmaschine

Baca juga: Wuling Menambah Diler Baru di Jawa Tengah

eActros 600 sangat senyap di jalan raya sehingga menguntungkan pengemudi dan juga lingkungan.

Namun, untuk memastikan bahwa pengguna jalan lain mengetahui keberadaan truk listrik ini, eActros dilengkapi dengan sistem peringatan kendaraan akustik atau Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS) eksternal sesuai dengan persyaratan hukum.

Tergantung pada kondisi mengemudi, nada dari AVAS dapat dimainkan ketika mengemudi maju atau mundur. Selain itu, suara bervariasi sesuai dengan kecepatan kendaraan dan posisi pedal gas, sehingga memastikan audibilitas yang baik dalam lalu lintas perkotaan.

Spektrum suara AVAS yang futuristik pada eActros 600 dirancang untuk menyesuaikannya tampilannya sebagai kendaraan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com