Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Press Rangka Sepeda Motor

Kompas.com - 11/10/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain segitiga alias komstir dan pelek, salah satu komponen yang paling sering di-press pasa sepeda motor karena tidak lurus ialah rangka atau sasis.

Rangka memegang peran penting dalam kenyamanan berkendara sepeda motor. Rangka yang tidak lurus sudah pasti membuat pengendalian motor jadi tidak enak.

Baca juga: Bagnaia Sebut Indonesia Penggila Balapan Motor

Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motorKOMPAS.com/GILANG SATRIA Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor

Sumantri alias Tri dari Bengkel Press Motor (BPM) yang buka praktek di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, press rangka biasanya jika motor mengalami kecelakaan berat.

"Press rangka banyak itu motor-motor matik bekas kecelakaan. Kadang ada yang sampai rangka depannya mendem ke dalam dan melintir," kata Tri kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Biasanya yang di-press itu setelah jatuh kemudian sudah press segitiga tapi motor masih tidak enak, masih belok, baru press rangka," ujar Tri.

Baca juga: Sigra Masih Jadi Andalan Daihatsu, Sudah Terjual 149.000 Unit

Ilustrasi perbaikan rangka motor Honda di bengkel lasKOMPAS.com/ADITYO WISNU Ilustrasi perbaikan rangka motor Honda di bengkel las

Tri mengatakan biaya press rangka tergantung seberapa parah kondisi. Namun paling murah sekitar Rp 350.000 untuk motor matik sekelas Honda Beat atau Yamaha Mio.

"Kalau bongkar pasang di sini saya kasih harga Rp 350.000 - Rp 400.000 tergantung motor juga. Kita lihat dulu kondisinya, yang kena itu rangka depan atau belakang," ujar Tri.

"Kadang ada juga yang ngambil full body (rangka keseluruhan) itu Rp 450.000. Itu semuanya dikerjakan mulai dari segitiga dan rangka," ujar Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com