Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Mobil di Luar Saat Cuaca Panas, Bisa Merusak Wiper

Kompas.com - 07/10/2023, 15:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil, yang berfungsi untuk membersihkan air hujan, debu atau kotoran lainnya pada kaca depan dan belakang.

Mengingat bahan wiper dari karet, sehingga jika terkena sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan elastisitasnya rusak dan bisa menjadi kering, retak atau bahkan pecah.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head Pt Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, karet wiper mudah getas jika mobil terpapar matahari langsung.

Baca juga: Pakai Celana Jin Sudah Paling Pas buat Riding Saat Cuaca Panas

Wiper mobilAuto2000 Wiper mobil

“Karena bahan wiper karet terkena kaca akibat terik matahari, sehingga karet kering dan tidak lentur lagi, “ ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, jangka panjangnya juga dapat menyebabkan karet wiper copot. Bahkan pegangan atau tangkai wiper juga mudah lepas jika terlalu lama dijemur.

Kemudian perlu dicatat, mengangkat wiper dengan tujuan agar tidak kepanasan sangat tidak dianjurkan. Sebab perilaku tersebut akan mempengaruhi per wiper dan membuatnya tidak kuat menyapu kaca mobil.

Baca juga: Cover Mobil Bisa Jadi Solusi Ketika Cuaca Panas

Angkat wiper kaca mobil Ilustrasi Wiper Kaca Mobil Angkat wiper kaca mobil

Sehingga perawatan wiper perlu diperhatikan oleh pemilik mobil, karena meski masih bisa dinyalakan dan aktif bergerak, kinerjanya mungkin tidak maksimal dan tidak akan bersih.

Didi juga menjelaskan, visibilitas pengemudi bisa terganggu dan tidak bisa melihat jelas jika wiper tidak bekerja dengan baik. Kaca akan terhalang air, terutama ketika berkendara di tengah hujan.

“Karet wiper yang getas tidak maksimal dalam membersihkan kaca dan dapat merusak kaca atau baret,” tambah Didi.

Untuk merawat wiper agar tetap bagus, pemilik mobil bisa memilih tempat parkir yang teduh ketika siang hari, agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com