Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Servis AC Rutin Honda Jazz Lawas

Kompas.com - 06/10/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Honda Jazz generasi pertama banyak diburu masyarakat lantaran harganya jauh lebih terjangkau di pasaran. Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Jumat (6/10/2023) banderol Jazz 2003 mulai Rp 50 jutaan saja di bursa mobil bekas daring.

Sebelum membelinya, perlu diketahui bahwa Jazz bekas harus dirawat dengan baik agar tetap nyaman saat digunakan, khususnya pada bagian sistem air conditioner (AC).

Sebagai tambahan informasi, berikut ini estimasi serta rincian servis AC Jazz lawas dalam sekali perawatan rutin.

Iwan Pratikno, Pemilik Bengkel Pradana Yogyakarta mengatakan AC pada Jazz lawas wajib dirawat secara berkala bila performanya mau awet dan prima.

Baca juga: Mau Beli Honda Jazz Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Honda Jazz lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah 20 tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2002.Tangkapan layar Honda Jazz lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah 20 tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2002.

“Bicara perawatan AC maka berkaitan dengan pembersihan komponen AC mulai dari evaporator, filter kabin, kondensor dan penggantian oli dan freon,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Jumat (6/10/2023).

Pemilik bengkel di Jalan Magelang ini mengatakan selain pembersihan pada area luar yang bersentuhan langsung dengan udara, seperti evaporator dan kondensor sistem AC juga perlu dibersihkan pada area dalamnya.

Area dalam ini merupakan rangkaian tertutup yang berisi freon dan oli kompresor. Oli kompresor ini wajib diganti secara rutin agar komponen pada sistem AC awet dan performanya baik.

Baca juga: Diduga Pengemudi Mabuk, Honda Jazz Terbakar Usai Tabrak Rak Eceran Bensin

“Proses pembersihan oli dan freon pada rangkaian tertutup ini disebut flushing, yakni pembilasan oli dan freon sehingga dalamnya kembali bersih optimal, sehingga aliran freon lancar,” ucap Iwan.

Selain soal aliran lancar, Iwan juga mengatakan partikel kotoran di dalam rangkaian tertutup pada sistem AC juga akan mengganggu kerja freon.

“Seharusnya evaporator bisa dingin optimal, tapi karena ada kotoran maka ruang yang seharusnya terisi freon digantikan oleh kotoran, akibatnya AC menjadi kurang sejuk,” ucap Iwan.

Maka dari itu, Jazz lawas tetap memerlukan perawatan AC secara berkala agar saat digunakan kabin tetap nyaman, sejuk dan udaranya bersih.

Baca juga: Hatchback Bekas per Oktober 2023, Baleno mulai Rp 39 Jutaan

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

“Semua proses perawatan di atas, sudah masuk dalam satu paket sekali servis rutin, yakni estimasi biayanya Rp 750.000, itu konsumen terima beres,” ucap Iwan.

Berikut ini rincian pekerjaan dalam sekali perawatan AC rutin untuk Jazz lawas:

  1. Bersihkan evaporator
  2. Bersihkan Kondensor
  3. Bersihkan filter kabin
  4. Flushing rangkaian tertutup sistem AC
  5. Vacum
  6. Ganti oli kompresor dan freon

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com